Buka Kursus Mahir Dasar, Endang: Pembina Pramuka Harus Berkualitas
Oleh : Asyri
Senin | 20-12-2021 | 11:28 WIB
wawako-tpi-pramuka1.jpg
Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Tanjungpinang, Endang Abdullah resmi membuka Kursus Mahir Dasar Pembina Pramuka. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Untuk meningkatkan jumlah pembina pramuka yang berkualifikasi mahir dan terampil, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tanjungpinang melaksanakan kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar.

Dalam hal ini, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Tanjungpinang, Endang Abdullah resmi membuka kegiatan tersebut di SMA Negeri 1 Tanjungpinang, Sabtu (18/12/2021).

Endang mengatakan bahwa melalui kegiatan Kursus Pembina bertujuan untuk membangun manusia yang memiliki karakter, membangun bangsa yang memiliki watak yang kuat dan bukan hanya manusia yang cerdas yang menguasai ilmu pengetahuan saja, tetapi pemuda yang tangguh kepribadiannya di era globalisasi yang penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi agar terus membuat Gerakan Pramuka tetap relevan dengan perkembangan zaman.

"Tantangan kepengurusan Gerakan Pramuka saat ini dan kedepannya cukup berat dan beragam. Salah satunya adalah bagaimana menjadikan Gerakan Pramuka menjadi kegiatan ektrakurikuler di sekolah yang diminati dan digemari oleh para pelajar kita, sehingga mereka secara sukarela dan antusias untuk menjadi anggota pramuka aktif di sekolahnya," ujar Endang.

Endang juga berharap hasil akhir dari Kursus Mahir Dasar akan mampu meningkatkan kualitas kepramukaan di Kota Tanjungpinang.

"Mencetak pembina mahir yang bermutu, serta memiliki pengabdian tanggung jawab yang besar tehadap masa depan bangsa dan negara bangsa Indonesia," harap Endang.

Ia menerangkan, Kursus Mahir Dasar ini merupakan titik tolak paling mendasar bagi calon pembina untuk memperoleh legalitas membina anggota Pramuka di Gugus Depan dengan dibekali pengetahuan keterampilan pengalaman.

"Saya berharap semoga kakak kakak para peserta Kursus Mahir Dasar dapat mengikuti kursus dengan baik, disiplin, penuh semangat hingga selesai dan lulus," harapnya.

Kegiatan ini terdiri atas perwakilan dari Pembina jenjang SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK dan MA baik negeri maupun swasta utusan Ranting, Satuan Karya, dan Dewan Kerja di Kwarcab Tanjungpinang. Turut hadir Pengurus Kwarda Pramuka Kepri, Pengurus Kwarcab Pramuka Tanjungpinang dan Ketua Ranting se-Kota Tanjungpinang.

Editor: Yudha