Perpustakaan Kepri Terus Kembangkan Literasi Berbasis Digital Kepustakaan dan Kearsipan
Oleh : Redaksi
Selasa | 14-12-2021 | 10:44 WIB
Iskandar-nasution1.jpg
Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Kepri Iskandar Zulkarnain. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Perpustakaan Provinsi Kepri akan terus mengembangkan konsep dan layanan kepustakaan dan kearsipan dengan literasi berbasis digital.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Kepri Iskandar Zulkarnain di Tanjungpinang, Senin (13/12/2021) dilansir dari laman Diskominfo Kepri, Selasa (14/12/2021).

"Saat ini perpustakaan Provinsi Kepri terus mengembangkan upaya meningkatkan literasi dan digitalisasi semua layanan kepustakaan dan kearsipan yang ada," ujar Iskandar.

Mengingat lanjut Iskandar, saat ini kehadiran perpustakaan tak lagi hanya memberikan pelayanan secara langsung namun juga telah beralih ke pelayanan yang berbasis digital.

"Masyarakat Kepri saat ini dapat mengakses dan membaca buku tak hanya melalui datang langsung ke perpustakaan namun juga telah dapat mendownload aplikasi situs perpustakaan Provinsi Kepri," kata Iskandar.

Meskipun lanjut Iskandar saat ini banyak aplikasi bacaan lainnya yang mendominasi pembaca saat ini. Namun, pihaknya optimis pengembangan literasi digital perpustakaan Provinsi Kepri ini dapat berkembang lebih baik.

"Apalagi saat ini perpustakaan Provinsi Kepri telah pun banyak bekerja sama dengan berbagai instansi pemerintah dan pendidikan guna menunjang peningkatan kualitas dan layanan yang ada di perpustakaan Provinsi Kepri," jelas Iskandar lagi .

Sehingga dengan begitu, peran perpustakaan tak hanya jadi sarana dan fasilitas membaca bagi masyarakat, namun lebih dari itu.

"Mulai dari sarana pendidikan, mendapatkan sumber referensi, informasi, kesenangan, hobi dan juga mengetahui sejarah masa lampau melalui kearsipan dan naskah kuno yang ada di perpustakaan serta banyak lagi," tegas Iskandar Zulkarnain kembali.

Editor: Yudha