Ingatkan ASN Tanjungpinang Jauhi Narkoba, Endang: Test Urine Bakal Dilakukan Secara Rutin
Oleh : CR-3
Kamis | 07-10-2021 | 19:05 WIB
P4GN-TPI.jpg
Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Endang Abdullah saat membuka rapat P4GN tahun 2021 di Kantor Wali Kota, Kamis (7/10/2021). (Foto: Devi Handiani)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Wakil Wali Kota Endang Abdullah berharap semua pegawai di lingkungan Pemko Tanjungpinang untuk menjauhi narkoba. Bahkan, dia mewacanakan dilakukan test urine secara rutin.

Hal ini disampaikan saat mimpin Rapat Tim Terpadu Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Kota Tanjungpinang tahun 2021 di Aula Kantor Wali Kota Tanjungpinang, Kamis (7/10/2021).

Ia juga mengatakan, setiap apel pagi akan diselipkan arahan dan peringatan kepada para karyawan dan pegawai Pemko Tanjungpinang tentang anti narkoba yang kini di nilai luar biasa. "Kita akan melakukan test urine kepada para ASN Pemko bahkan mungkin anggota DPRD Kota Tanjungpinang juga akan dilakukan test urine, guna ciptakan Kota Tanggap Anti Narkoba (Kotan) dan Desa Bersih Dari Narkoba ( Desa Bersinar)," terangnya.

Sementara Kasat Resnarkoba Polres Tanjungpinang, AKP Ronny Burungudju mengatakan, data kasus narkotika saat sangat besar untuk Tanjungpinang rata-rata kategori pengguna. Karena menurutnya suplay dan bangsal pasarnya tidak di Tanjungpinang, tetapi di Batam dan luar kota lainnya.

"Untuk itu kita akan mencoba menjalankan door to door sistem, secara tertutup dengan cara mendatangi warga yang pencandu dan pengguna narkoba. Karena mengharap mereka datang ke BNN itu kemungkinan kecil, banyak alasannya mungkin karena malu. Hal itu guna menyelamatkan generasi muda," sarannya.

Sementara Kaban Kesbangpol Kota Tanjungpinang, Huzaifa Dadang mengatakan, Desa Bersinar rencananya akan ditetapkan di Pulau Penyengat, seperti yang dibicarakan sebelumnya saat acara di Hotel Aston. Saat itu, Satpol PP meminta untuk anggotanya harus melakukan tes urine.

"Begitu juga dengan Dishub, pelaksanaan tes urine 3% ASN dan akan dilaksanakan pada Oktober atau November 2021. Bagi calon PNS taruna dan taruni juga akan dilakukan test urine, tes CPNS mendatang akan diadakan tes urine. Termuatnya materi P4GN dalam pendidikan dan pelatihan. Kami juga telah bekerjasama dengan Disdik untuk memasukkan materi P4GN pada materi ospek bekerjasama dengan BNN Kota Tanjungpinang," tandansya.

Kepada Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Dra Endang Susilawati menambahkan, sangat penting pemahaman untuk anak-anak diberikan informasi mengenai kejamnya efek dari penggunaan narkoba. "Kita baru saja melakukan tatap muka terbatas dan insyaallh jika ada zero kasus maka akan kita tambah waktunya. Untuk sekarang penting sekali mengingat beberapa waktu lalu ada isu permen yang diberikan kepada anak - anak mengandung narkoba. Jadi saya harap kita bisa memberikan pemahaman kecil untuk anak," tutupnya.

Dalam acara tersebut hadir Kepala BNN Kota Tanjungpianang, AKBP Sazili; Kepaal Dinas Perhubungan Kota Tanjungpinang, Bambang Hartanto, Kasatpol PP Kota Tanjungpinang, Ahmad Yani, dan Kadisperindag, Atmadinata.

Editor: Gokli