Imbau Masyarakat Waspada

Basarnas Tanjungpinang Siapkan Anggota Hadapi Cuaca Ekstrim Saat Ini
Oleh : Syajarul Rusydy
Jumat | 20-08-2021 | 12:36 WIB
kapal-basarnas1.jpg
Patroli Basarnas Tanjungpinang. (Dok BTD)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kondisi cuaca saat ini terbilang ekstrim, terlebih di laut. Untuk itu Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang, menyiapkan sarana SAR laut dan personel, serta imbauan kepada masyarakat untuk tetap waspada dalam mengantisipasi cuaca buruk atau ekstrim.

Plh Kepala Basarnas Tanjungpinang sekaligus Kepala Seksi Operasi dan Siaga, Miswadi mengingatkan agar masyarakat tetap waspada dengan cuaca yang buruk. Selalu menyiapkan antisipasi bila melaut atau liburan ke pantai.

"Kami menyiagakan sarana SAR laut dan personil serta kami juga mengimbau masyarakat utk memperhatikan cuaca saat melaut atau liburan ke Pantai," imbuh Miswadi, Jumat (20/8/2021).

Tak lepas dari itu, Miswandi mempertegas agar kepada masyarakat yang hendak melaut atau pun penghoby mancing untuk selalu menyiapkan peralatan keselamatan. Seperti life jacket serta selalu melaporkan kepada pihak berwenang sebelum melajukan aktivitas di laut.

"Cuaca pada musim ini, sedang ekstrim dan gelombang laut juga dalam keadaan tinggi disertau angin kencang. Untuk itu, waspada la para pejuang keluarga, yang mencari nafkah di laut," pesan Miswandi.

Gelombang laut berdasarkan info dari BMKG berada pada kisaran 0,5 - 1.5 meter di perairan Tanjungpinang, Bintan, Batam hingga Tanjung Balai Karimun.

Miswadi, juga menyampaikan kepada masyarakat yang melakukan aktivitas di pinggir pantai seperti berenang atau memancing, agar mematuhi instruksi dari petugas atau penjaga pantai tentang batas aman dari garis pantai.

"Itu penting agar kejadian tidak diinginkan tidak terjadi, karena kejadian itu bisa terjadi karena kelengahan kita sendiri," timpal Miswadi.

Editor: Yudha