Penumpang di Pelabuhan SBP Tanjungpinang Membeludak, 3 GeNose Sempat Error
Oleh : Putra Gema
Selasa | 18-05-2021 | 17:20 WIB
GeNose-SBP-TPI.jpg
Kepala Layanan Kimia Farma Tanjungpinang, Arum Asfrindawati. (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Tim pelayanan GeNose C19 di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang kesulitan melayani calon penumpang pascaperpanjangan Surat Edaran (SE) Gubernur Kepri.

Berdasarkan SE Gubernur Kepri nomor: 469/SET-STC19/V/2021, terhitung tanggal 18 Mei 2021 hingga batas waktu yang yang belum ditentukan, masyarakat Kepulauan Riau tetap diwajibkan menggunakan surat keterangan bebas Covid-19 untuk melakukan perjalanan lintas kabupaten dan kota.

Kepala Layanan Kimia Farma Tanjungpinang, Arum Asfrindawati ketika ditemui di lokasi mengaku kewalahan akibat penumpang yang melakukan tes GeNose di Pelabuhan SBP mengalami peningkatan yang signifikan.

"Untuk hari ini, tim kami agak kaget dan keteteran karena lonjakan penumpang sangat mendadak," kata Arum, Selasa (18/5/2021).

Dijelaskannya, hingga pukul 15.40 WIB, pihaknya telah mencatat sebanyak 900 calon penumpang melakukan tes GeNose, di mana pada hari-hari sebelumnya untuk satu hari hanya mencapai 600 penumpang.

Lonjakan tersebut, kata dia, dikarenakan banyaknya masyarakat yang belum mengetahui adanya perpanjangan SE Gubernur Kepri soal diwajibkannya penumpang menggunakan surat keterangan bebas Covid-19 untuk melakukan perjalanan lintas kabupaten dan kota.

Tidak berhenti di situ, akibat padatnya penumpang di Pelabuhan SBP tersebut, 3 dari 5 alat GeNose juga sempat mengalami error. Hal tersebut dikarenakan alat GeNose tersebut mengalami kepanasan. "Tetapi sudah normal kembali setelah error kurang lebih 15 menit," ujarnya.

Lebih lanjut, akibat lonjakan tersebut pihaknya juga melakukan penambahan 300 kantong napas GeNose. Hal itu disebabkan karena untuk hari ini pihaknya hanya menyediakan 1.000 pcs kantong napas di Pelabuhan SBP.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada 19 Mei 2021 mendatang, pihaknya juga akan melakukan penambahan ribuan kantong napas GeNose. "Sore nanti akan datang 1.500 kantong napas dan besok (19/5/2021) akan kami datangkan lagi 2.000 kantong napas untuk pelayanan GeNose di Pelabuhan Sri Bintan Pura," tutupnya.

Editor: Gokli