Sambut Ramadhan, Masyarakat Tanjungpinang Lakukan Tradisi Ziarah Kubur
Oleh : Asyri
Senin | 12-04-2021 | 12:26 WIB
Ziarah-makam1.jpg
Ziarah makam jelang ramadhan warga Tanjungpinang. (Asyri/BTD)

BATAMTODAY,COM, Tanjungpinang -Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1442 H/2021 M, masyarakat di Tanjungpinang mulai melakukan tradisi ziarah kubur.

Pantauan di tempat pemakaman umum (TPU) Al-Muhajirin Kampung Bugis, Senggarang, warga mulai berdatangan untuk melakukan ziarah kubur dengan tujuan berdoa bersama kepada keluarga yang telah meninggal dunia.

Selain melakukan doa bersama terlihat warga juga membersihkan makam-makam keluarga tersebut dan banyaknya penjual bunga di sekitar area pemakaman tersebut yang di jajakannkeoada peziarah yang datang.

Salah seorang peziarah yang sempat ditemuai BATAMTODAY.COM yakni keluarga Pak Yusdianto membawa anak-anaknya untuk berziarah ke makam istrinya yang sudah meninggal lima tahun yang lalu.

"Kita setiap tahunnya rutin berziarah saat memasuki bulan suci ramadhan ini ke makam istri saya dan membawa anak-anak untuk berdoa bersama dan sekaligus membersihkan makam ibunya," terang Yusdianto yang juga Ketua LSM Gempita Kepri, Senin (12/4/2021).

Selain saat menyambut bulan puasa Ramadhan, pada hari besar isalm lainnya, Yusdianto juga sering melakukan ziarah kubur.

"Selain menjelang Bulan Ramadhan, kita juga sering berziarah ke makam ini, disamping untuk berdoa juga kita bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari ziarah kubur ini, bahwa kita juga akan mati Nantinya," tutup Yusdianto.

Editor: Yudha