Ansar Ahmad Minta Rudi Tak Berharap Banyak dari APBD Kepri
Oleh : Putra Gema
Senin | 15-03-2021 | 14:12 WIB
gubernur_ansar-ahmad-usai-lantik-rudi-1.jpg
Gubernur Kepri Ansar Ahmad di Gedung Daerah Tanjungpinang. (Putra/BTD)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad meminta Wali Kota Batam Muhammad Rudi tidak berharap banyak dari anggaran Provinsi Kepri, yang lebih kecil dibanding anggaran pembangunan di Batam.

Hal itu diungkapkan Ansar Ahmad di Gedung Daerah Tanjungpinang, usai melantik H. Muhammad Rudi dan H. Amsakar Achmad menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam, Senin (15/3/2021), mengingat saat ini Kota Batam telah memiliki 2 mesin, yakni Pemko Batam dan BP Batam.

"Tahun 2021, APBD Kota Batam mencapai Rp 2,7 triliun. Sementara untuk anggaran BP Batam tahun 2021 berjumlah Rp 2 triliun. Dengan total anggaran Rp 4,7 triliun, yang jauh lebih besar dari APBD Kepri, diharapkan Kota Batam tidak meminta porsi anggaran yang besar dari Pemprov Kepri," kata Ansar.

Hal tersebut diungkapkannya karena APBD Kepri tahun 2021 hanya sebesar Rp 3,986 triliun, lebih kecil dari anggaran di pembangunan Kota Batam.

Lanjut Ansar, selain masalah anggaran yang lebih kecil dari Kota Batam, Provinsi Kepri saat ini juga tengah berkonsentrasi untuk memikirkan program pembangunan di 7 kabupaten/kota.

"Kami juga memikirkan bagaimana memoles Tanjungpinang sebagai Ibu Kota Provinsi. Memikirkan masyarakat yang tinggal di pulau-pulau terluar yang tersebar di Lingga, Natuna, Anambas, Bintan dan Karimun," ujarnya.

Oleh karena itu, Ansar juga meminta kepada seluruh kepala daerah semua kabupaten/kota di Kepri untuk terus dapat melakukan koordinasi agar pembangunan tidak terkonsentrasi di satu wilayah, tetapi dapat merata hingga dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Kepri.

Selain itu, Ansar Ahmad juga terus melakukan lobi ke pemerintah pusat agar bisa dibantu penganggarannya melalui APBN. "Kalau hanya mengandalkan APBD kita tidak bisa berbuat banyak. Dengan bantuan melalui APBN maka akan banyak hal bisa kita lakukan untuk kemajuan Kepulauan Riau yang kita cintai ini," tutupnya.

Editor: Yudha