Banjir Capai 1,5 Meter Landa Kampung Yudowinangun Tanjungpinang
Oleh : Asyari
Minggu | 10-01-2021 | 13:04 WIB
banjir_tanjungpinag-1.jpg
Banir di Kelurahan anjungpinang Barat, Tanjungpinang Barat, Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Foto: Asyari)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Tingginya intensitas hujan sejak Sabtu sampai Minggu dini dinihari di Kota Tanjungpinang, ditambah air laut dalam situasi pasang, membuat banjir mencapai setinggi 1,5 meter kembali merendam rumah warga di Kampung Yudowinangun, Kelurahan Tanjungpinang Barat.

Banjir yang melanda rumah warga kali ini cukup parah dibandingkan dengan banjir sebelumnya, yang mencapai ketinggian 1,5 meter. Hampir seluruh perabotan rumah tangga tergenang air.

"Sekitar pukul 24 00 WIB, air mulai masuk ke dalam rumah warga mencapai ketinggian 1 sampai 1,5 meter. Ada puluhan rumah warga yang terendam banjir. Banjir kali ini adalah yang terparah dari banjir sebelumnya," terang M. Daut, salah satu warga yang telah lama bertempat tinggal Kampung Yudowinangun.

Kepala BASARNAS Tanjungpinang, Mu'min mengatakan, pihaknya telah menerima informasi dari BPBD Kota Tanjungpinang mengenai bncana banjir di wilayah Kota Tanjungpinang.

Menurut dia, banjir terjadi karena intensitas hujan sangat tinggi, terjadi sejak Sabtu (9/1/2021) pukul 19.00 WIB. Seluruh wilayah Kota Tanjungpinang diguyur hujan dan angin kencang sehingga mengakibatkan di beberapa Desa/Kelurahan mengalami banjir.

"Basarnas Tanjungpinang langsung menunjuk dan membagi tugas baik penunjukan SMC. Laporan awal ke BCC dan pembenyukan Tim Rescue Kansar Tanjungpinang dibagi 3 (Tiga) Tim menuju lokasi kejadian yakni ke Kelurahan Batu IX, Kelurahan Bukit Bestari dan Kelurahan Tanjungpinang Kota," kata Mumin.

Tim yang diturunkan merupakan unsur SAR Gabungan terdiri dari Kan SAR Tanjungpinang, Polair Pokrws Tanjungpinang , BPBD Kota Tanjungpinang, Tagana Kota Tanjungpinang , PMI Kota Tanjungpinang, Koramil, Babhinkantibmas, Babinsa dan masyarakat setempat.

Editor: Surya