Jumlah Pasien Covid-19 Terus Bertambah, Kepri Masih Zona Orange
Oleh : Asyari
Senin | 16-11-2020 | 19:04 WIB
m-bisir-kepri.jpg
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, M Bisir. (Foto: Asyari)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Provinsi Kepri masih berstatus Zona Orange penyebaran Covid-19, meski angka terkonfirmasi positif terus bertambah.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, M Bisir, Senin (16/11/2020). Di mana, dua daerah di Kepri, yakni Batam dan Tanjungpinang yang jumlah pasien terkonfirmasi positif paling banyak, sudah kembali masuk ke Zona Orange dari Zona Merah.

"Saat ini, baik di Batam dan Tanjungpinang sudah kembali ke Zona Orange, meskipun kasus Covid-19 selalu bertambah setiap harinya," kata M Bisir.

Penambahan kasus terkonfirmasi positif di Kepri, kata dia, adalah hasil tracing kontak erat dengan pasien positif. "Kasus terkonfirmasi saaat ini kebanyakan dari yang kontak erat dengan pasien yang terdahulu, sedangkan kalau angka kasus baru sudah menurun," jelasnya.

Ia menyampaikan, angka positif Covid-19 di Kepri, diprediksi akan terus bertambah, seiring masifnya gerakan tracing terhadap kontak erat pasien.

"Di samping penanganan dan pencegahan, kita juga minta dan berharap masyarakat lebih betul-betul memperhatikan protokol kesehatan. Percuma pemerinrah gencar-gencarnya melakukan imbauan, masyarakatnya malah tidak memperhatikan," ungkapnya.

Oleh karena itu, kesadaran masyarakat itulah yang terpenting agar penyebaran dan paparan Covid-19 ini bisa ditekan.

Editor: Saibansah Dardani