Pasien Covid-19 Bertambah 5 Orang di Tanjungpinang, 2 Orang Sembuh Setelah Dirawat
Oleh : Asyari
Senin | 21-09-2020 | 19:20 WIB
wako-rahma.jpg
Wali Kota Tanjungpinang, Hj Rahma. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Wali Kota Hj Rahma kembali merilis update perkembangan kasus Covid-19 di Kota Tanjungpinang, Senin (21/9/2020). Tercatat ada penambahan 5 pasien yang positif terpapar virus mematikan itu dan ada 2 pasien yang dinyatakan sembuh.

Ke-5 pasein yang terkonfirmasi positif ditetapkan sebagai kasus nomor 283 - 287. "Hari ini, kami sampaikan penambahan 5 kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 yang merupakan hasil temuan kasus baru dan hasil penelusuran dari kasus-kasus positif sebelumnya (tracing), sebagaimana hasil pemeriksaan swab dengan metode RT PCR yang dilakukan di RSKI Galang. Kasus baru ini terdiri dari 4 laki-laki dan 1 perempuan," jelas Rahma dalam siaran persnya.

Berikut data pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19, kasus 283, Tn RF (18), Pinang Kencana, Tanjungpinang Timur, tidak bergejala, kontak erat dengan kasus 273 sudah melakukan karantina mandiri. Kemudian, kasus 284 Ny Fa (44) Pinang Kencana, Tanjungpinang Timur, tidak bergejala, perjalanan ke Sumatera Selatan, dirawat RSUD RAT.

Selanjutnya, kasus 285 Tn BP (43), Pinang Kencana, Tanjungpinang Timur, bergejala, perjalanan ke Jawa Timur, dirawat di Mess Pemda. Kasus 286 Tn DA (33) Batu IX Tanjungpinang Timur, bergejala, perjalanan ke Riau, dirawat karantina mandiri dan kasus 287 Tn RB (29), MKP Tanjungpinang Timur, bergejala, perjalanan ke Riau, dirawat karantina mandiri.

"Dinas Kesehatan PP & KB Kota Tanjungpinang melaksanakan tracing (penelusuran) pada orang-orang yang kontak erat dengan pasien dan tempat beraktivitas lainnya dan bila memenuhi kriteria kontak erat maka dilanjutkan dengan pengambilan swab hidung dan tenggorokan untuk dilakukan pemeriksaan dengan metode RT PCR di RSKI Galang," katanya.

Sementara itu, Rahma juga menyampaikan penambahan 2 kasus Covid-19 yang sudah selesai isolasi (sembuh) di Kota Tanjungpinang, sehingga sampai saat ini total pasien yang sudah dinyatakan selesai isolasi (sembuh) berjumlah 255 orang.

Adapun pasien yang sembuh terdiri dari 1 orang laki-laki dan 1 orang perempuan, sebagaimana hasil pemeriksaan RT-PCR yang diterima dari RSKI Galang, dengan rincian, kasus konfirmasi nomor 239, Tn BS (25), Kampung Bugis, Kecamatan Tanjungpinang Kota dan kasus konfirmasi nomor 259, Ny Ru (52), Melayu Kota Piring, Kecamatan Tanjungpinang Timur.

"Semua pasien di atas dinyatakan sudah selesai isolasi (sembuh) dan dapat melakukan aktivitas sehari-hari, baik di rumah maupun di luar rumah, namun demikian protokol pencegahan penularan Covid-19 tetap harus dilaksanakan dengan disiplin, seperti memakai masker dengan benar, selalu menjaga jarak lebih dari 1 meter dan sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun (bila tak ada air bisa pakai handsanitizer)," tutup Rahma.

Editor: Gokli