Salat Jumat di Masjid, Jamaah di Tanjungpinang Bawa Sajadah Sendiri
Oleh : CR-4
Jumat | 27-03-2020 | 15:58 WIB
salat-jumat-tpi.jpg
Salat Jumat di salah satu masjid daerah Tanjungpinang di tengah wabah Covid-19, Jumat (27/3/2020). (Foto: Nanda)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Umat muslim di Kecamatan Tanjungpinang Timur tetap melaksanakan ibadah salat Jumaat seperti biasa, meski MUI Kepri mengimbau agar salat Jumat ditiadakan, diganti dengan salat dzuhur di rumah untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Sejumlah mesjid, seperti Mesjid Al Uswah di Jalan DI Pandjaitan Km X dan Mesjid Nurul Islam di Jalan Hanglekir, Kelurahan Batu IX tampak dipenuhi jamaah untuk Salat Jumat.

"Tetap salat di Jumat. Tidak masalah sih, yang penting mengikuti protokol keselamatan," kata salah seorang jamaah, Ardiansyah, Jumaat (27/3/2020).

Ia dan jamaah lain membawa sajadah dari rumah dan mencuci tangan menggunakan handsanitizer untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. "Kita hati-hati saja. Yang penting jaga kebersihan, bawa sajadah sendiri, cuci tangan, saya juga pake masker," lanjutnya.

Jamaah lain, Zulfikar berharap wabah corona segera berakhir sebelum bulan puasa tiba. Jika wabah itu masih berlangsung, ibadah puasa dan lebaran akan terganggu.

"Rasanya sedih kalau tidak salat di masjid, apalagi pas Ramadhan. Semoga saja cepat berakhir. Sebentar lagi puasa dan lebaran. Susah kalo begini terus," keluhnya.

Editor: Gokli