Kobaran Api di Lahan Kosong Nyaris Hanguskan Sejumlah Rumah di Tanjungpinang
Oleh : Syajarul Rusydy
Rabu | 11-03-2020 | 19:16 WIB
firuddin-beraksi.jpg
Kapolsek Tanjungpinang Timur, AKP Firuddin saat memadamkan kobaran api di lahan kosong samping Perumahan Indonesia Lestari, RT03/RW08, Kelurahan Air Raja. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sejumlah rumah warga di Perumahan Indonesia Lestari, RT03/RW08, Kelurahan Air Raja, Kecamatan Tanjungpinang Timur, nyaris hangus pada Rabu (11/3/2020) akibat kobaran api yang tengah melahap lahan kosong di samping perumahan itu.

Kapolsek Tanjungpinang Timur, AKP Firuddin menjelaskan, pihaknya mendapat informasi adanya keberkaran, langsung mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP). Pihaknya bersama Damkar, membantu memadamkan api di atas lahan seluas 50 meter persegi itu.

"Kalau kita tidak cepat bisa-bisa rumah warga yang terbakar. Karena jarak lahan yang tidak begitu luas, sangat dekat dengan pemukiman warga," beber Firuddin.

Sejauh ini, Firuddin belum mengetahui penyebab api berasal. Namun pihaknya masih melakukan penyelidikan atas peritiwa membahayakan itu.

"Kita belum tahu, tetapi masih kita selidiki," ujarnya.

Memasuki musim kemarau ini, Firuddin mengimbau warga tidak sembarang membakar apa saja. Sebab, situasi sekarang ini sangat rentan dengan kebakaran.

"Selain membahayakan mebakar hutan atau lahan adalah suatu hal yang dilarang. Ada undang undang dan pasal yang mengatur. Untuk itu saya harap masyarakat tidak melakukan pemabakaran dengan sengaja, jika tidak ingin berurusan dengan hukum," imbau Firuddin.

Editor: Gokli