Penundaan Sementara Umrah

Perusahaan Travel di Tanjungpinang Minta Penyewaan Akomodasi di Arab Saudi Dijadwalkan Ulang
Oleh : CR-4
Minggu | 08-03-2020 | 12:32 WIB
travell_pinang_umrah.jpg
Stand Nettour di arena utama MTQ Kota Tanjungpinang XIV di Terminal Sungai Carang (Foto: Nanda)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang -- Perusahaan perjalanan umrah di Kota Tanjungpinang berharap penyewaan hotel, katering dan penyewaan bus di Arab Suadi untuk rombongan umrah dapat dijadwalkan ulang.

Harapan itu muncul paska kebijakan Pemerintah Arab Saudi menunda pelaksanaan ibadah umrah paska mewabahnya virus Corona atau VICOD-19 disejumlah negara.

"Perusahan akan mengalami kerugian apabila pemerasan hotel tidak bisa dijadwal ulang. Uang sewa akan bangus, jumlahnya sangat besar," kata Pemilik Nettour Group Kota Tanjungpinang, Kamaruddin Saban, Minggu (8/2/2020).

Tidak hanya itu, penundaan ibadah umrah membuat pemasukan turun drastis. Biasanya, Nettour memberangkatkan rata-rata 40 orang jemaah setiap bulannya.

"Namun paska peniadaan ini, dua rombongan atau 76 orang jemaah kita tidak bisa berangkat," imbuhnya.

Pihaknya, kata Kamaruddin, memastikan akan menjadwalkan ulang keberangkatan jemaah, pemerintah Arab Saudi telah membuka kembali.

"Kita sampaikan ke jemaah, kami (pihak travel) menjadwalkan ulang keberangkatan jemaah. Kita nunggu dari sananya (Arab Suadi)," ujarnya.

Paska penundaan ibadah umrah itu, pihaknya menghentikan sementara pendaftaran jemaah umrah. Pihaknya tidak enak hati menerima uang jemaah, sementara jadwal keberangkatan tidak jelas. (CR4)

Editor: Surya