Lampu Penerangan di Jalan Lintas Barat Bintan Perlu Perbaikan
Oleh : CR-2
Kamis | 23-01-2020 | 18:40 WIB
pjuts-jalinbar.jpg
Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) di Jalan Lintas Barat Bintan. (Foto: Erik Asari)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Lampu penerangan di sepanjang Jalan Lintas Barat (Tanjunguban, Bintan - Tanjungpinang) banyak yang tak berfungsi. Padahal, keberadaan lampu penerangan ini sangat dibutuhkan para pengendara yang melintas di jalan tersebut.

Ketua Harian LSM Getuk, Tengku Azhar yang juga mengeluhkan hal sama dengan warga Bintan, berharap pemerintah tak hanya mengganggarkan dana untuk pengadaan, tetapi juga perlu dana pemeliharaan. Sebab, menurut dia, lampu penerangan itu tak berfungsi lantaran tidak dirawat atau dilakukan pemeliharaan rutin.

"Keberadaan lampu jalan ini sangat dibutuhkan masyarakat. Harusnya dilakukan pemeliharaan rutin," kata Tengku Azhar, Kamis (23/1/2020).

Proyek pengadaan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) yang dilaksanakan beberapa tahun sebelumnya menghabiskan dana miliaran Rupiah. Namun disayangkan proyek tersebut tidak bisa dinikmati masyarakat karena kondisinya banyak yang rusak.

"Proyek itu dari uang rakyat dan seharusnya rakyat menikmatinya dari proyek tersebut, kalau pemerintah tidak menganggarkan dana untuk pemeliharaannya sama saja yang diuntungkan hanya kontraktor. Masyarakat harus menikmati hasil proyek itu untuk jangka panjang," tegas Tengku.

Sementara Kasi Energi Dinas ESDM Kepri, Ade Fahmi menerangkan, Pemrpov Kepri memang tidak ada anggaran untuk pemeliharaan PJUTS di Jalan Lintas Barat, karena bukan proyek Pemprov Kepri.

"Setahu saya PJUTS di Jalan Lintasi Barat bukan pengadaan dari Pemprov Kepri tetapi Pemerintah Kabupaten Bintan. Kalau masalah anggaran pemeliharaan tersebut itu tidak dianggarkan. Coba tanya ke Pemkab Bintan karena mereka yang melakukan pengadaan," kata Ade Fahmi.

Editor: Gokli