Lampu Jalan Banyak Tak Berfungsi

Minim Pengawasan, Jembatan I Dompak Jadi Tempat Mesum
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Jumat | 03-01-2020 | 08:20 WIB
dompak.jpg
Sebagian jembatan I Dompak tanpa penerangan. (Putra)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Jembatan I Dompak yang merupakan penghubung antara Tanjungpinang dan Pulau Dompak, dengan panjang 1,5 km, saat ini dalam kondisi yang memprihatinkan.

Hal ini dapat terlihat dari segi penerangan jalan yang hampir setengahnya tidak lagi berfungsi alias mati total. Diketahui, penyebab matinya sebagian besar lampu Jembatan I Dompak ini karena dicuri orang tidak bertanggung jawab.

Ega, salah seorang warga Tanjungpinang, sangat menyayangkan padamnya beberapa lampu di Jembatan I Dompak tersebut.

"Ya sayang saja, sudah banyak keluar uang buat ngebuat jembatan sebagus itu, tapi ujung-ujungnya juga gelap gulita," kata Ega, Kamis (2/1/2020).

Ia menegaskan, seharusnya Pemerintah Kota Tanjungpinang beserta Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau memberikan perhatian, terutama dalam hal perawatan jembatan tersebut.

"Ya seharusnya dijaga, kalau memang dicuri berarti penjagaannya yang harus diketatkan. Kalau sampai hilang berarti kan teledor dan pengawasannya minim. Kalau gelap gitu, bisa jadi tempat mesum dan rawan kriminalitas juga," tegasnya.

Pantauan BATAMTODAY.COM di Jembatan I Dompak, Kamis (2/1/2020), hampir seluruh plat penutup tiang di lokasi tersebut telah hilang. Terlihat juga beberapa sekring listrik pada beberapa tiang telah raib. Hal tersebut menyebabkan kondisi jembatan gelap di beberapa titik.

Tidak hanya itu, seluruh lampu yang sebelumnya membuat kedua sisi bagian bawah jembatan terang benderang, kini sudah tidak terlihat lagi.

Tidak hanya lampu, bahkan kabel-kabel instalasi listrik yang berada di bawah jembatan I Dompak sudah raib. Alhasil, bagian bawah jembatan dompak ini gelap gulita dan sering disalahgunakan menjadi tempat mesum.

Terlihat, pada pukul 19.00 WIB kolong jembatan ini seperti menjadi tempat favorit kalangan anak muda Tanjungpinang. Tidak dapat dipungkiri,beberapa muda-mudi terlihat asik berduaan di lokasi yang gelap tersebut.

Minimnya pengawasan dari pihak Satpol PP juga membuat kalangan muda-mudi ini tidak takut terjaring razia. "Gpp bg, kan gak ada Satpol PP," ujar salah seorang muda-mudi Tanjungpinang di Jembatan I Dompak.

Sampai saat ini, belum ada keterangan resmi dari pihak pemerintah terkait padam hingga hilangnya lampu-lampu di jembatan I Dompak ini.

Editor: Chandra