Majukan Industri Seni Tanjungpinang Melalui Podcast Suka-Suka
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Rabu | 01-01-2020 | 17:20 WIB
majukan-seni-tanjungpinang2.jpg
Podcast Suka-Suka adalah salah satu forum diskusi pemesatan ide masyarakat Tanjungpinang. (Foto: Putra)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Berawal dari keterbatasan, Podcast Suka-Suka melejitkan keresahan hingga inspirasi untuk memajukan industri seni di Kota Tanjungpinang.

Podcast Suka-Suka adalah salah satu forum diskusi pemusatan ide masyarakat Tanjungpinang dalam memajukan industri seni di kancah nasional maupun internasional.

Menggunakan platfrom spotify, Podcast Suka-Suka yang dibidani oleh Kharisma, Riky Fernando dan Griets Ariandy Sinaga, menjadi saluran karya dan ide yang ditunggu-tunggu para pendengarnya.

Riky atau biasa disapa Tilek mengatakan, Podcast Suka-Suka ini sebelumnya berawal dari hiruk-pikuk permasalahan seputar seni di Tanjungpinang. Namun hanya dapat membahas di lingkup kedai kopi.

"Namun akan lebih baik apabila obrolan-obrolan seperti ini dapat disampaikan pada salah satu platfrom podcast. Disisi lain, masyarakat luas juga bisa mengetahui dan merasakan kegelisahan kami seputar industri seni di Kota Tanjungpinang," kata Tilek, Rabu (1/1/2020).

Ia mengungkapkan, sejak berdiri pada bulan Maret 2019, dirinya beserta dua kerabatnya telah meluncurkan 13 podcast. Dalam 13 podcast ini pihaknya pun telah membahas berbagai aspek, mulai dari pasar industri seni, apresiasi pelaku seni, birokrasi, hingga ruang berkesenian yang masih minim.

Dijelaskannya, podcast ini juga menjadi salah satu sarana untuk teman-teman yang memiliki potensi dan pengaruh untuk membawa perubahan besar di Tanjungpinang, namun tidak terpublis secara baik.

"Disini kita akan mendobrak sudut pandang masyarakat," ujarnya.

Di tempat yang sama, Kharisma juga menegaskan bahwa produk-produk diskusi yang disajikan kepada masyarakat ini bukanlah suatu bentuk sarkasme (sindiran) kepada Pemerintah.

Namun podcast ini akan menyadarkan beberapa pihak bahwa seni itu dibutuhkan dalam pertumbuhan suatu Kota yang masih berkembang.

Ditegaskannya, pada tahun 2020 mendatang mereka juga akan memberi dobrakan-dobrakan baru demi membuka pola pikir masyarakat dan apresiasi pelaku seni lainnya.

"Kami juga sudah ada rencana untuk tahun 2020 mendatang, tapi masih rahasia," tegasnya sambil bercanda.

Untuk masyarakat Tanjungpinang yang juga ingin mendengarkan keseruan Podcast Suka-Suka, bisa langsung mengakses dari aplikasi Spotify atau https://open.spotify.com/show/2mbKNuuJfUZ48vczU5fYtU?nd=1.

Editor: Dardani