Jaga Stabilitas Keamanan NKRI dari Kepri, Makogabwilhan I Hadir di Pulau Dompak
Oleh : Redaksi
Selasa | 26-11-2019 | 17:40 WIB
is-hadi-dompak.jpg
Plt Gubernur Kepri, H Isdianto dampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Pulau Dompak, Kota Tanjungpinang setelah penyerahan lahan untuk Makogabwilhan I. (Diskominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepri secara langsung menghibahkan tanah di Pulau Dompak seluar 40 Hektar untuk dibangun Markas Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Makogabwilhan) I.

Penyerahan tanah hibah ini dari Pemerintah Provinsi Kepri kepada Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Rupatama Kantor Gubernur Kepri Dompak, Senin (25/11/2019).

Plt Gubernur Provinsi Kepri, H Isdianto mengatakan, pihaknya memberikan sekitar 40 Hektar lahan untuk pembangunan Makogabwilhan I di Dompak. "Yang mana 20 hektar terletak di Pulau Dompak, dan 20 Hektar lagi di Senggarang," tegas Isdianto, seperti dilansit situs resmi Diskominfo Kepri.

Menurut Isdianto, nantinya 20 Hektar lahan di Pulau Dompak akan dibangun Kantor Makogabwilhan I. Sementara sisanya di Pulau Dompak (Senggarang) akan dijadikan lokasi untuk pembangunan kompleks perumahan, latihan dan lainnya.

Isdianto juga menyambut baik dibangunnya Makogabwilhan I di Provinsi Kepri ini. Pasalnya, keberadaan Makogabwilhan I ini diharapkan dapat memperkuat stabilitas keamanan di Provinsi Kepri.

"Sehingga dengan begitu dapat menciptakan lingkungan Kepri yang aman dan damai sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan investasi di Provinsi Kepri," ungkap Isdianto.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, dipilihnya Provinsi Kepri sebagai daerah Makogabwilhan I melihat dari kondisi Kepri yang strategis serta berdasarkan sejarah dulunya di Tanjungpinang juga telah dibentuk Koordinator Wilayah Pertahanan (Korwilhan) I.

"Sehingga dengan demikian, hadirhya Korgabwilhan I ini bukan menjadi hal yang baru, karena telah ada sejarahnya. Hanya namanya saja yang sedikit berbeda," ungkap Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Hadi juga mengatakan, tugas Makogabwilhan sendiri nantinya adalah untuk menjaga stabilitas keamanan di wilayah Kepri. "Dibangunnya Makogabwilhan I ini ke depannya dapat menjaga kedaulatan NKRI dari Kepri serta diharapkan mampu meningkatkan keamanan di Kepri sebagai daerah perbatasan," tegas Hadi kembali.

Editor: Gokli