BPS Kepri Dorong Semua OPD Bersinergi Wujudkan Satu Data
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 25-10-2019 | 18:52 WIB
satu-data.jpg
Kepala BPS Provinsi Kepri, Ir Zulkipli. (Diskominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan satu data Indonesia, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepri mendorong setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepri, maupun kabupaten/kota untuk dapat bersinergi dalam memberikan data sektoral yang valid.

Hal ini disampaikan Kepala BPS Provinsi Kepri, Ir Zulkipli di Tanjungpinang, Kamis (24/10/2019). Zulkipli mengatakan, dengan adanya keberadaan dan data sektoral yang dihasilkan setiap OPD kepada BPS dapat menjadi sumber satu data yang digunakan.

"Data-data sektoral dari OPD tersebut nantinya kita kumpulkan di BPS, untuk ke depannya menjadi satu data yang digunakan dalam setiap kegiatan," tegas Zulkipli, seperti dikutip situs resmi Diskominfo Kepri.

Menurut Zulkipli, hingga saat ini pihaknya terus mengupayakan sinergitas semua pihak baik itu OPD ataupun badan lainnya dalam menciptakan data yang pasti dan valid. "Sehingga nantinya data tersebut menjadi dasar bagi data-data sektoral yang diperlukan di manapun dan kapanpun," tegas Zulkipli.

Ke depannya, lanjut Zulkipli, BPS selaku pembina pusat data baik di pusat maupun daerah akan memberikan sosialisasi, pemahaman serta pelajaran terkait pengumpulan data ini. "Salah satunya yang akan kita upayakan adalah dengan menciptakan aplikasi e-learning yang dapat secara langsung meberilan pelajaran dan pengetahuan tentang pembuatan data statistik yang digunakan," ungkap Zulkipli.

Sehingga nantinya, satu data Indonesia ini dapat diterapkan di Provinsi Kepri.

Editor: Gokli