Isdianto Wacanakan Penggunaan Kayu Kaliandra Sebagai Pembangkit Listrik di Kepri
Oleh : Redaksi
Selasa | 22-10-2019 | 18:04 WIB
is-kaliandra.jpg
Plt Gubernur Kepri, H Isdianto. (Diskominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepri merencanakan akan mengelola dan membudidayakan kayu Kaliandra sebagai biomassa pembangkit listrik.

Hal ini disampaikan Plt Gubernur Provinsi Kepri, H Isdianto di Tanjungpinang, beberapa waktu lalu. "Saya baru tahu kalau kayu Kaliandra bisa menjadi salah satu alternatif biomassa pembangkit listrik," ujar Isdianto, seperti dikutip situs resmi Diskominfo Kepri.

Dikatakan Isdianto, menurut Kepala PLN Riau Kepri beberapa waktu lalu, penggunaan kayu Kaliandra sebagai biomassa pembangkit listrik ini sudah diterapkan di Karimun.

"Ini merupakan alternatif yang baik, Pemprov Kepri akan terus mendukung jika nantinya penggunaan kayu Kaliandra ini dapat dikembangkan di setiap daerah di Provinsi Kepri," ungkap Isdianto.

Selain bernilai ekonomis, tambah Isdianto jika memang menjanjikan pihaknya bisa juga kembangkan kayu Kaliandra ini sebagai salah satu komoditas pertanian. "Selain dapat digunakan sebagai alternatif biomassa pembangkit listrik, kita juga bisa kembangkan nilai ekonomisnya," tegas Isdianto.

Untuk itu, lanjut Isdianto hingga saat ini pihaknya sedang berupaya untuk dapat mengkaji lebih lanjut terkait pengelolaan kayu Kaliandra ini.

"Jika bahan bakar listrik seperti batu bara langka dan akan habis, kita harap dengan adanya pembangkit listrik dari kayu Kaliandra ini mendapat jadi alternatifnya," tambah Isdianto.

Editor: Gokli