Sempat Dikabarkan Hilang, Tim SAR Evakuasi Nelayan Karimun dari Coast Guard Malaysia
Oleh : Syajarul Rusydy
Sabtu | 28-09-2019 | 16:52 WIB
nelayan-karimun-evakuasi`.jpg
Evakuasi nelayan Karimun yang sempat dikabarkan hilang. (Foto: Syajarul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sempat dikabarkan hilang, Abdul Rahman (51) nelayan Teluk Uma RT 02/RW 01 Kelurahan Teluk Uma, KecamatanTebing, Kabupaten Karimun, berhasil dievakuasi oleh Tim SAR Gabungan, pada Sabtu (28/9/2019) pagi.

Kepala Seksi Operasional Kantor Pencarian dan Pertolongan Eko Suprianto mengatakan korban dievakuasi dari dari Coast Guard Johor Bahru, Malaysia di Perairan Hiu pada koordinat 01 derajat 17' 397"N/103 derajat 13' 882"E.

"Operasi SAR kecelakaan kapal satu pompong Lost Contact di Perairan Leho Karimun Anak Kabupaten Karimun terlaksana dengan baik. Awalnya, Tim Rescue Pos SAR Karimun bergerak je dermaga Polair untuk koordinasi pergerakan. Tim Rescue Pos SAR Tanjungbalai Karimun bersama tim SAR gabungan melaksanakan koordinasi untuk menuju evakuasi intercept pada koordinat 01 derajat 17' 397"N/103 derajat 13' 882"E," tutur Eko.

Evakuasi dilaksanakan setelah berkordinasi dengan pihak Coast Guard Malaysia, yakni Aset Maritim Rumania (Coast Guard Johor Bahru) sedang perjalan mendekati Perairan Hiu titik disepakati.

"Tim SAR Gabungan sudah mengevakuasi/medevac korban dari kapal Maritim Romania Coast Guard Malaysia ke kapal Polair XXX1/30/1002 dan selanjutnya korban dibawa bersama pompongnya ke Karimun," kata Eko di Tanjungpinang.

Dengan telah ditemukannya korban maka pada Operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup. Kepada unsur unsur yg terlibat dikembalikan kepangkalannya masing masing dengan ucapan terima kasih.

Unsur-unsur SAR yang terlibat adalam Tim Rescue Pos SAR TBK, RIB 02 Pos SAR TBK, Satpolair TBK, TNI AL, SAR Terpadu TBK dan nelayan setempat.

Editor: Yudha