Status Polres Tanjungpinang Bakal Ditingkatkan Jadi Polresta
Oleh : Redaksi
Rabu | 11-09-2019 | 10:52 WIB
polres-tpi.jpg
Polres Tanjungpinang.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Status Polres Tanjungpinang akan ditingkatkan menjadi Polresta. Namun, sampai sekarang belum diketahui waktu perubahan status itu.

"Bisa dalam waktu dekat atau mungkin beberapa bulan lagi, tergantung Mabes Polri," kata Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi, Selasa (10/9/2019) seperti dikutip situs resmi Diskominfo Kepri.

Ucok mengatakan, perubahan status itu sudah diusulkan sejak tahun 2016. Semakin hari, dirasakan semakin dibutuhkan peningkatan status menjadi Polresta.

Peningkatan status itu pula diikuti dengan penguatan sumber daya manusia, peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan. Tujuannya, semata-mata untuk meningkatkan kualitas pengamanan, ketertiban dan kondusivitas di Tanjungpinang.

"Tanjungpinang merupakan ibukota Kepulauan Riau sehingga wajar jika ditingkatkan menjadi Polresta setelah dikaji berbagai sektor strategis yang berhubungan dengan keamanan," katanya.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kepri periode 2014-2019, Jumaga Nadeak kembali mendorong peningkatan status Polres Tanjungpinang menjadi Polresta. "Peningkatan tipe Polres Tanjungpinang merupakan kebutuhan mendesak," kata Jumaga Nadeak, yang kembali terpilih menjadi anggota DPRD Kepri.

Politikus PDIP itu mengatakan Tanjungpinang, ibukota Kepri sehingga dibutuhkan institusi kepolisian sekelas Polresta. Di Tanjungpinang, menurut dia tingkat kerumitan masalah dan kasus setara dengan kota besar lainnya sehingga dibutuhkan personel dan perlengkapan yang memadai.

"Tipe Polres Tanjungpinang kalah dengan dengan Polresta Barelang di Batam, padahal Tanjungpinang merupakan kota besar," ujarnya.

Kondisi institusi keamanan negara di Tanjungpinang, kata dia, tidak ideal sehingga harus segera ditingkatkan. Tujuannya, pelayanan masyarakat dapat diberikan secara maksimal, termasuk penyelesaian kasus hukum.

"Masyarakat akan tambah merasa aman dan nyaman dengan penguatan kepolisian di Tanjungpinang," ucapnya.

Jumaga mengatakan, keinginan untuk meningkatkan tipe Polres Tanjungpinang tersebut sudah disampaikan ke Polda Kepri sejak tahun 2016. Keinginan itu disampaikan langsung kepada sejumlah perwira tinggi yang pernah menjabat sebagai Kapolda Kepri.

Jumaga merasa optimistis keinginan tersebut direalisasikan. Sebab DPRD Kepri pernah mendorong peningkatkan tipe Polda Kepri, dan berhasil.

"Saya sudah sampaikan keinginan langsung kepada Kapolda tadi. Mudah-mudahan segera direalisasikan," ucapnya.

Editor: Gokli