Danlantamal IV Pimpin Upacara HUT TNI AL ke-74 di Tanjungpinang
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Selasa | 10-09-2019 | 16:28 WIB
danlantamal-iv-1.jpg
Upacara HUT TNI AL ke-74 di Mako Lantamal IV Tanjungpinang. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Lantamal IV Tanjungpinang menggelar upacara peringatan HUT TNI AL ke-74, Selasa (10/9/2019), yang dipimpin langsung oleh Danlantamal Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah.

Upacara yang dilaksanakan di lapangan apel Markas Komando (Mako) Lantamal IV, Jalan Yos Sudarso, Batu Hitam, Tanjungpinang, itu berlangsung penuh hikmad.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI, Siwi Suka Ajdi dalam amanat tertulisnya, yang dibacakan Danlantamal IV, mengatakan, selama 74 tahun TNI AL telah menunjukkan jati dirinya sebagai komponen pertahanan negara yang tangguh di tengah perubahan lingkungan strategis yang kian dinamis.

"Ancaman tradisional dan non tradisional pada lingkup nasional dan regional menuntut perhatian terus menerus dan tindakan mitigasi yang tepat. selama ini pula, TNI Angkatan Laut telah secara aktif terlibat dalam menjamin kepentingan maritim Indonesia, terutama pada pelaksanaan tugas sesuai amanat undang-undang" kata Danlantamal IV Tanjungpinang, Arsyad Abdullah, Selasa (10/9/2019).

Ia mengatakan, untuk mewujudkan sebuah kekuatan Angkatan Laut yang profesional dan modern, tentunya dimulai dari bidang perencanaan pembangunan kekuatan. modernisasi alutsista yang ditujukan untuk mencapai kesiapan tempur telah ditata dalam perencanaan strategis Angkatan Laut 5 tahun kedepan.

"Jawab tantangan bangsa ke depan, dengan upaya membangun SDM TNI AL yang unggul sebagai prajurit profesional yang berpedoman pada Sumpah Prajurit, Sapta Marga, Delapan Wajib TNI dan Tisila TNI Angkatan Laut," tegasnya.

Selain itu, dirinya juga berpesan untuk terus mengembangkan intuisi dan naluri sebagai prajurit matra laut serta tanamkan nilai-nilai maupun tradisi TNI Angkatan Laut dalam kehidupan sehari-hari.

Danlantamal IV juga memberikan tanda kehormatan kepada perwakilan yang berhak menerimanya, mulai dari pemberian tanda kehormatan Satya Lencana Kesetian XVI tahun yang diberikan kepada Mayor Laut (K) Haviz Assad Pamen Diskes Lantamal IV.

Kemudian Peltu Marinir Nendri Dianto menerima tanda kehormatan Satya Lencana Kesetian XXIV tahun. Selanjutnya yang menerima tanda kehirmatan Bintang Jalasena Nanarya Kopka PM Slamet Mulyono dari Pomal Lantamal IV dan terakhir Klk Ttg Fitrianda R dari Kal Anakonda Satrol Lantamal IV menerima tanda kehormatan Satya Lancana Kesetiaan VIII.

Editor: Yudha