Kesbangpol Kepri Tingkatkan Sinergitas dalam Penanganan Konflik Sosial
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 30-08-2019 | 13:28 WIB
lamidi-pol.jpg
Kepala Kesbangpol Kepri, Lamidi bersama Satpol PP. (Diskominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepri melalui Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kepri mengatakan akan meningkatkan sinergisitas dalam penanganan konflik sosial yang terjadi di Provinsi Kepri.

Hal ini disampaikan Kepala Kesbangpol Kepri, Lamidi dalam sambutannya pada rapat Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial di Provinsi Kepri, Rabu (28/8/2019) kemarin. "Kegiatan ini dilaksanakan guna meningkatkan koordinasi dan pembangunan sinergitas antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Instansi lainnya di Provinsi Kepri dalam menangani Konflik Sosial," ungkap Lamidi, seperti dikutip situs resmi Diskominfo Kepri.

Tak hanya itu, lanjut Lamidi, kegiatan yang diikuti 40 orang anggota Tim Terpadu Pengendalian Konflik Sosial Provinsi Kepri ini diharapkan menjadi ruang untuk masing-masing anggota dalam memberikan laporan terkait giat rencana aksi daerah.

"Hal ini sesuai dengan UU nomor 7 tahun 2012 tentang penanganan konflik sosial, PP nomor 2 tahun 2015 tentang peraturan pelaksanaan uu nomor 7 tahun 2012, serta Permendagri nomor 24 tahun 2015 tentang Pelaksanaan Koordinasi Penanganan Konflik Sosial," tegas Lamidi.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri, H TS Arif Fadillah mengatakan bahwa melalui rakor ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya dalam menyelesaikan persoalan dan berbagai konflik sosial yang hadir.

"Semoga Tim ini mampu menangani konflik sosial yang ada set mampu bertindak cepat tanggap dalam mengatasi permasalahan yang ada," tambah Sekda.

Sementara itu, Danang Binarto narasumber dari Kemendagri mengatakan bahwa nantinya laporan dari Tim Terpadu ini disampaikan ke Kesbangpol Kepri untuk kedepannya dilaporkan secara berjenjang ke Pemerintah pusat untuk dapat ditindak lanjuti.

Tak hanya dari anggota Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial, kegiatan ini juga diikuti unsur TNI Polri, Kanwil Kemenkumham Kepri, Kemenang Kepri, Kejati Kepri,BIN,dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah yang adadi lingkungan Provinsi kepri serta organisasi nemtukan pemerintah pusat seperti Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Forum KomunikasiUmat Beragama (FKUB) dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK).

Editor: Gokli