Segera Diperbaiki

Senin Depan, Tim Kementerian PUPR Tinjau Kerusakan Jembatan II Dompak
Oleh : Redaksi
Sabtu | 10-08-2019 | 10:52 WIB
keropos-dompak-II.jpg
Kondisi tiang penyangga Jembatan II Dompak yang sudah 9 tahun tak pernah ada perbaikan. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Jembatan II Dompak harus segera bisa dilalui, minimal untuk kendaraan roda dua. Dijadwalkan Senin mendatang (12/8/2019), tim dari Kementerian PUPR akan turun meninjau Jembatan II Dompak.

Pemprov Kepri akan segera memperbaiki jembatan, melalui anggaran APBD Perubahan. "Tim akan turun. Insha Allah hari Senin, dalam waktu dekat. Baru menghitung berapa anggaran yang diperlukan. Kita berharap di APBDP ini bisa segera terealisasi," ujar Sekda Kepri, H TS Arif Fadillah, usai nonton bareng Festival Film Pramuka, Jumat (9/8/2019) seperti dikutip situs resmi Diskominfo Kepri.

Pemprov Kepri akan membuat dua pola perbaikan jembatan. Pola jangka pendek, diharapkan jembatan dapat segera dilalui oleh kendaraan roda dua. Hal ini akan segera dikerjakan dengan anggaran APBD Perubahan.

Sedangkan pola jangka panjang, perbaikan secara maksimal dengan APBD 2020. "Jadi di 2020 bisa kita anggarkan lebih lengkap pembangunan itu. Sesuai arahan Pak Plt Gubernur. Kita perbaiki semaksimal mungkin. Sehingga bisa beraktifitas seperti biasanya. Jembatan ini sangat perlu. Jika tidak dikerjakan, perputarannya jauh sekali," ungkap Sekda.

Saat ini, warga sekitar yang biasa melintas di Jembatan II Dompak, terpaksa melalui Jembatan I. Dengan jarak tambahan sekitar lima sampai enam kilometer.

Sekda mengaku sudah mengarahkan Kadis PU untuk segera menindaklanjuti perbaikan jembatan. Termasuk secara berkala memantau kondisi jembatan-jembatan.

"Dinas PU harus segera menghitung. Kondisi riil di lapangan bagaimana. Ada namanya pemeliharaan. Jembatan ini kan cost besar. Kita harapkan teman-teman yg menangani jembatan, terus memonitor," ungkap Sekda.

Barentibang (Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan) juga telah diminta untuk memasukan kegiatan perbaikan jembatan, baik pada APBDP 2019 maupun APBD 2020.

Editor: Gokli