Pemprov Alokasikan Biaya Pemeliharaan Jembatan Dompak di APBD-P 2019
Oleh : Ismail
Jumat | 09-08-2019 | 17:28 WIB
sekda-kepri-arif1.jpg
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepulauan Riau TS Arif Fadillah. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepulauan Riau TS Arif Fadillah mengatakan, Pemerintah Provinsi Kepri akan membuat dua pola perbaikan jembatan II Dompak yang terancam roboh tersebut.

Dengan pola jangka pendek, pihaknya akan memperbaikinya dengan APBD Perubahan 2019 jembatan dapat segera dilalui oleh kendaraan roda dua.

"Jadi nanti di 2020 bisa kita anggarkan lebih lengkap pembangunan itu. Sesuai arahan Pak Plt Gub(ernur). Kita perbaiki semaksimal mungkin. Sehingga bisa beraktifitas seperti biasanya. Jembatan ini sangat perlu. Jika tidak dikerjakan, perputarannya jauh sekali," ungkapnya, Jumat (9/8/2019).

Ia menyebut, pekan depan tim dari Kementerian PUPR akan turun meninjau dan melihat kondisi jembatan tersebut. Serta menemukan solusi terbaik agar jembatan tersebut bisa segera difungsikan. Minimal untuk kendaraan roda dua

"Tim akan turun. Insha Allah hari Senin, dalam waktu dekat. Baru menghitung berapa anggaran yang diperlukan. Kita berharap di APBDP ini bisa segera terealisasi," ujar Sekda.

Arif menambahkan, pasca ditutupnya akses Jembatan II Dompak ini memang membuat sulit warga sekitar. Karena, ketika akan menyeberang ke Tanjungpinang harus menempuh jalur jauh melalui Jembatan I. Dengan jarak tambahan sekitar lima sampai enam kilometer.

Selain menunggu tim Kementerian PU, lanjut Sekda, pihaknya juga sudah memerintahkan Dinas PU untuk segera menindaklanjuti perbaikan jembatan.

Serta, secara berkala memantau kondisi jembatan-jembatan yang saat ini dibangun oleh Pemprov Kepri. Bahkam, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) juga telah diminta untuk memasukan kegiatan perbaikan jembatan, baik pada APBD-P 2019 maupun APBD 2020.

"Dinas PU harus segera menghitung. Kondisi riil di lapangan bagaimana. Ada namanya pemeliharaan. Jembatan ini kan cost besar. Kita harapkan teman-teman yg menangani jembatan, terus memonitor," tukasnya.

Editor: Yudha