Sardison Jamin Proses Rekrutmen Transparan

87 Pelamar Pendamping Desa Jalani Tes Tertulis
Oleh : Ismail
Selasa | 06-08-2019 | 16:40 WIB
tes-pendamping-desa1.jpg
Tes tertulis calon pendamping desa di Hotel CK Tanjungpinang. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sebanyak 87 peserta yang lolos tahap administrasi seleksi pendamping desa wilayah Provinsi Kepulauan Riau melaksanakan tes tertulis di Hotel CK Tanjungpinang, Selasa (6/8/2019).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyakat Desa Pendudukan dan Catatan Sipil (DPMD Dukcapil) Kepri, Sardison mengungkapkan, untuk mencari tenaga profesional pihaknya menggandeng tim HRD Sekretariat Nasional Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi RI, PLT Seketaris PMD Dukcapil Provinsi Kepri dan Koordinator Program Profesional Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kepri.

Tujuannya, agar pendamping desa yang dihasilkan dari proses rekruitmen dapat berperan aktif, baik dalam hal mengawal penggunaan dana desa maupun memberikan solusi pengembangan desa tempatnya bertugas. "Proses penilaian sangat selektif," singkatnya.

Sardison juga menjamin profesionalitas proses rekruitmen Tenaga Pendamping Desa P3MD

"Oleh karena itu proses rekruitmen ini dilakukan dengan prinsip-prinsip transparansi, akuntabel dan efisien guna memberikan peluang yang sama kepada seluruh calon pelamar," ujar Sardison.

Sementara itu, penanggungjawab kegiatan seleksi Abbas menjelaskan, pelaksanaan seleksi akan berlangsung selama dua hari yakni 6-7 Agustus. Dimana para peserta akan melalui tes tertulis dan wawancara.

Menurutnya, proses seleksi pendamping desa ini dilaksanakan di tiga tempat di Kepri. Yakni di Tanjungpinang untuk pelamar dari Bintan, Karimun dan Lingga.

"Untuk Kabupaten Natuna tes tertulis dan wawancara langsung disana pada tanggal 9 Agustus, Sementara di Kabupaten Anambas dilaksanakan setelah lebaran haji," katanya.

Ia menambahkan, jumlah peserta yang mengukuti seleksi sebanyak 87 orang. Terdiri dari Pendamping Desa Teknik Infrastruktur (PDTI) sebanyak 33 orang, Pendamping Drsa Pemberdayaan (PDP) sebanyak 12 orang dan Pendamping Lokal Desa (PLD) sebanyak 42 orang,

Adapun jumlah formasi yang diterima sebanyak 31 formasi. Yakni, 22 formasi untuk PDTI, 2 formasi PDP, dan 7 formasi PLD.

Editor: Yudha