Barantan Tanjungpinang Pastikan Seribu Hewan Qurban Bebas Penyakit
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 02-08-2019 | 11:28 WIB
kambing-qurban.jpg
Hewan qurban yang telah diperiksa kesehatannya oleh Barantan Tanjungpinang. (Diskominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Setidaknya seribu sapi dan kambing yang akan dijadikan sebagai hewan qurban telah menjalani pemeriksaan Balai Karantina Pertanian Kelas II Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Belum lama ini, Selasa (30/7/2019), Balai Karantina Kesehatan Tanjungpinang melakukan pemeriksaan hewan di enam kandang yang ada di kota setempat. Pemeriksaan meliputi pemeriksaan Bruselosis (pengecekan darah) dan parasit melalui kotoran hewan.

Hewan yang diperiksa itu adalah hewan-hewan yang baru masuk ke Tanjungpinang yang sebagian besarnya akan dijual untuk perayaan Idul Adha yang akan dirayakan pada Minggu 11 Agustus 2019 mendatang.

Medik Veteriner Barantan Tanjungpinang, drh Da'inurritus Imrianingrum menjelaskan, dari sedikitnya seribu sapi dan kambing yang diperiksa mendekati Idul Adha, belum ada ditemukan adanya penyakit tertentu.

"Umumnya dalam kondisi baik," kata Medik Veteriner Barantan Tanjungpinang yang disapa Ningrum, Rabu (31/7/2019), seperti dikutip situs resmi Diskominfo Kepri.

Rata-rata, kambing dan sapi yang masuk ke Tanjungpinang didatangkan dari luar daerah, seperti Lampung, Jambi dan Sumatera Barat.

Editor: Gokli