Tanjak Jadi Logo dan Slogan BNPP Tanjungpinang
Oleh : Roland Aritonang
Kamis | 01-08-2019 | 17:04 WIB
logo-tanjak1.jpg
Kepala BNPP Tanjungpinang, Mu'min. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Kelas A Tanjungpinang menggunakan Tanjak sebagai logo dan slogan dalam bekerja.

Slogan itu berlogokan Tanjak, selain itu dibelakangnya di padu dengan gambar masjid penyengat. Tanjak yang artinya tanggungjawab, jujur, amanah dan keikhlasan.

Dijelaskan Mu'min, Kepala BNPP Tanjungpinang, pemilihan tanjak sebagai logo dan slogan berawal dari arahan kantor pusat yang meminta setiap kantor SAR seluruh Indonesia membuat logo atau slogan yang disesuaikan dengan budaya kearifan lokal.

"Maka dari itu kami beserta tim membuat slogan atau ikon. Awalnya ada dua alternatif yakni gurindam rescue dan tanjak," ujar Mu'min kepada BATAMTODAY.COM, Kamis (1/8/2019).

Setelah ditelaah, akhirnya disepakati slogan tanjak karena memiliki arti suatu kehormatan, topi yang diletakkan di kepala yang harus dihargai. Sedangkan gurindam rescue artinya hanya ungkapan-ungkapan saja.

"Sehingga tim sepakat dengan tanjak kalau dipadukan dengan slogan kantor pusat maka memiliki makna tanggung jawab, jujur, amanah dan keikhlasan," katanya.

Namun perjuangan Sar Tanjungpinang tiidak sampai di situ. Tim harus berkoordinasi dengan lembaga adat melayu. Setelah disetujui selanjutnya berkoordinasi dengan Wali Kota Tanjungpinang.

"Wali Kota setelah dijelaskan menyetujui dan sangat mendukung," jelasnya.

Editor: Yudha