Triwulan III, Progres APBD 2019 Kepri Belum Cukup Baik
Oleh : Ismail
Selasa | 30-07-2019 | 16:04 WIB
arif-apbd-19.jpg
Sekdaprov Kepri, H TS Arif Fadillah. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kendati sudah masuk Triwulan III-2019, progres Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Kepulauan Riau belum menunjukkan angka yang cukup baik. Hingga Juli 2019 ini, progres fisik melalui APBD Kepri baru mencapai 43 persen, sementara keuangan baru 40 persen.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepulauan Riau, TS Arif Fadillah mengungkapkan, sejauh ini progres APBD Kepri 2019 memang masih asa keterlambatan lelang. "Memang ada keterlambatan disebabkan adanya perubahan dari Perpres PPK itu," ungkapnya, Selasa (30/7/2019).

Kendati demikian, dirinya melanjutkan, progres saat ini sudah cukup bagus dan sesuai dengan standar yang disepakati.

Selain itu, Sekda mengatakan, ia bersama Pelaksana tugas (Plt) Gubernur tetap mendorong para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar mempercepat proses lelang hingga pengerjaan fisik. Terutama, OPD yang memegang kegiatan-kegiatan strategis.

"Tetapi kita push kawan-kawan (OPD) agar tidak terlambat," singkatnya.

Arif menambahkan, saat ini pihaknya juga tengah membahas APBD Perubahan 2019. Direncanakan, APBD Perubahan akan diselesaikan pada Agustus mendatang.

Dalam pembahasan tersebut, lanjut Sekda, pihaknya belum menemukan adanya rasionalisasi kegiatan di OPD. "Sampai saat ini belum ada rasionalisasi anggaran," tukasnya.

Editor: Gokli