Jadi Irup HUT Bhayangkara ke-73, Syahrul Apresiasi Kinerja dan Pengabdian Polres Tanjungpinang
Oleh : Roland Aritonang
Rabu | 10-07-2019 | 16:52 WIB
syahrul-irup1.jpg
Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul memeriksa kesiapan peserta upacara HUT Bhayangkara ke-73 Polres Tanjungpinang. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Polres Tanjungpinang melaksanakan upacara HUT Bhayangkara ke-73 di Lapangan Terminal Sungai Carang, Rabu (10/7/2019). Upacara ini diikuti unsur TNI, perwakilan OPD di lingkungan Pemko Tanjungpinang, tokoh masyarakat, dan seluruh perwakilan organisasi kemasyarakatan.

Peringatan HUT Bhayangkara ke-73 ini mengambil tema 'Dengan semangat promoter pengabdian Polri untuk masyarakat bangsa dan negara. Wali Kota Tanjungpinang H. Syahrul tampil sebagai inspektur upacara.

"Saya mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan atas kerja keras, pengabdian, pengorbanan dan perjuangan tanpa mengenal lelah, yang ditunjukkan personil Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban salah satu penyelenggaraan Pilkada serentak pada tahun 2018 dan Pemilu 2019," ujar Syahrul selaku inspektur upacara membacakan Amanat Presiden RI, Ir Joko Widodo.

Sebelum mengakhiri amanat, Syahrul juga menyampaikan beberapa Instruksi Presiden Jokowi sebagai pedoman dalam menjalankan tugas, di antaranya terus tingkatkan kualitas sumber daya Polri guna menghadapi berbagai tantangan untuk mendukung terwujudnya Indonesia emas di tahun 2045.

"Kedepankan strategi proaktif dan tindakan humanis, tingkatkan kualitas pelayanan publik, tingkatkan profesionalisme dalam menegakkan hukum, dan perkuat koordinasi dan kerjasama dengan TNI, kementerian/ lembaga, pemerintah daerah serta masyarakat dalam memelihara keamanan dalam negeri," ujar Syahrul membacakan Amanat Jokowi.

Usai pelaksanaan upacara, Syahrul melaksanakan ramah-tamah kepada seluruh peserta upacara. Kemudian memberikan apresiasi dan penghargaan kepada personil Polres Tanjungpinang yang telah berprestasi dalam pengabdian untuk bangsa dan negara. Walikota yang didampingi Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi juga menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba karya jurnalis dan lomba lainnya.

Di tempat yang sama, Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi mengatakan, bahwa Polres Tanjungpinang juga berterima kasih kepada seluruh elemen masyarakat termasuk Pemko Tanjungpinang yang selama ini telah bekerjasama dengan baik. Sehingga sinergitas ini mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Kami berharap, apa yang kami sudah programkan, kemudian kami tuangkan dalam berbagai bentuk kegiatan di masyarakat dapat dirasakan manfaat bagi masyarakat," tuturnya.

Ucok menambahkan, bahwa kedepan Polres Tanjungpinang akan terus berpartisipasi dalam menjaga dan melestarikan lingkungan. Hal ini akan diwujudkan dalam kerjasama antara Polres Tanjungpinang dengan salah satu pegiat sosial dan lingkungan di Kota Tanjungpinang.

"Kalau mau lihat isu tentang sampah, ini juga menjadi konsen kami, nanti tanggal 16 kami akan bergabung dengan semacam komunitas eco brick dan ocean brick, kami akan membangun kegiatan bergotong royong yang lebih bermanfaat," tuturnya.

Ucok menyampaikan pihaknya akan memberikan pengetahuan terkait pemanfaatan sampah. "Nanti sampah-sampah plastik, kami rangkul masyarakat untuk bisa lebih dimanfaatkan, karena itu punya nilai ekonomis, itu salah satu upaya ke depan kami implementasi dalam menjawab terhadap kebutuhan kelestarian lingkungan," pungkasnya.

Editor: Yudha