Relokasi 1.000 Kepala Keluarga

Pemprov Kepri Bentuk Tim Pembebasan Lahan Pembangunan Bendungan Busung
Oleh : Ismail
Jum\'at | 05-07-2019 | 10:04 WIB
sb-kepri.jpg
Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Kepri, Syamsul Bahrum. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Kepri, Syamsul Bahrum menyampaikan, untuk menggesa terealisasinya rencana pembangunan Bendungan Busung di Kabupaten Bintan, pihaknya akan membentuk tim yang terdiri dari tim pembebasan lahan, tim apprasial, dan tim dari BPN.

"Tim ini nantinya akan menginventarisir status lahan yang terdampak pembangunan Bendungan Busung," ungkapnya, Kamis (4/7/2019).

Ia mengatakan, Pemprov Kepri melalui Barenlitbang juga telah merancang formula sebagai kompensasi kepada 1.000 Kartu Keluarga (KK) terdampak pembangunan bendungan tersebut.

Solusinya, yakni dengan merelokasi masyarakat yang terdampak ke tempat baru dengan membangun fasilitas publik yang lengkap. "Jadi nanti Dinas PU yang bangun jalan, Perkim perumahan, dan Dinkes fasilitas kesehatan seperti Puskesmas, Disdik dengan fasilitas pendidikannya," jelasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1,3 triliun untuk pembangunan infrastruktur Bendungan Busung, Kabupaten Bintan. Diharapkan dengan dibangunnya bendungan itu dapat memenuhi kebutuhan air bersih di Pulau Bintan dan Batam.

Editor: Gokli