Pelatihan Dibuka Untuk Umum

Asah Keterampilan Pemuda, Dispora Kepri Buka Pelatihan Kerajinan di Workshop & Gallery
Oleh : Ismail
Sabtu | 29-06-2019 | 16:16 WIB
pelatihan-pinang.jpg
Pelatihan yang digelar Dispora Provinsi Kepri untuk umum. (Foto: Ismail)

 

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kepri terus membuat terobosan menggandeng pemuda dalam berkreasi. Kali ini, Dispora Kepri membentuk Workshop & Gallery Pemuda sebagai wadah bagi pemuda untuk mempelajari dan menampung karya-karya seni hasil kreatifitas di Komplek D'Green City, Tanjungpinang.

 

Tampak, hasil kreativitas pemuda yang dibuat melalui pelatihan di Workshop & Gallery Pemuda di pajang layaknya toko yang menjual souvenir. Kerajinan itu, mulai dari hasil tangan berupa string art sampai hasil olah kayu yang dipajang disana. Selain itu ada juga tanjak, dan souvenir lainnya seperti kipas.

Kepala Dispora Kepri, Maifrizon mengungkapkan, Workshop & Gallery baru dibuka sejak April 2019 lalu. Tujuannya sebagai wadah atau tempat melatih serta bekreatfiitas pemuda di bidang kerajinan.

Oleh karena itu, dirinya mengajak bagi pemuda Kepri yang tertarik untuk belajar, pihaknya membuka pelatihan khusus mulai dari Senin sampai Sabtu.

"Kami fasilitasi juga instruktur terlatih di dibidang kerajinan kayu sampai kerajinan tangan untuk memandu peserta membuat karya," ungkapnya, Sabtu (29/6/2019).

Ia memaparkan, tujuan lain didirikannya Workshop & Gallery ini adalah untuk menyasar para pemuda pada usia umur 16-30 tahun agar punya kreativitas untuk menjadi seorang enterpreneur.

Dimana, melalui tempat ini tercipta para enterpenrenuer muda yang memiliki kemampuan dan tekad untuk menjadi seorang pengusaha kerajinan. Mantan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Kepri tersebut menjelaskan, kelas yang dirancang terbuka untuk setiap pemuda.

"Kami yakin, kemungkinan besar pengalaman yang didapat, bisa mendorong terciptanya lapangan kerja baru," harap Maifrizon.

Selain itu, pria kelahiran Sumatera Barat ini juga menambahkan, hasil karya yang dibuat sekarang ini kedepan tidak hanya sebatas dipajang di lokasi workshop. Namun kedepan, ketika ada pameran, kerajinan-kerajinan yang sudah ada ini akan diikutsertakan. Bahkan sudah ada pihak-pihak yang memesan souvenir dari Workshop & Gallery Pemuda ini.

"Kita tidak sekedar belajar disini. Karya yang ada, juga akan dipromosikan untuk dijual. Sejauh ini yang mengikuti kelas masih terbatas oleh pelajar dan mahasiswa di Tanjungpinang. Kedepan terbuka untuk pemuda dan pemudi diseluruh Kepri," jelasnya.

Sementara itu, Yeni Isabella, Kepala Bidang Kepemudaan, Dispora Kepri menambahkan, lewat pelatihan yang digelar, dapat menambah pengetahuan pemuda dan pemudi. Menurutnya, sasarannya berbeda dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepri.

"Disini khusus melatih pemuda-pemudi saja. Sampai sejauh ini sudah 45 pelajar dan mahasiswa yang ikut pelatihan kreativitas," ujar Yeni.

Sementara itu, Wili salah satu peserta dari kalangan pelajar mengatakan, pada hari ini (kemarin,red) pihaknya mendapat kesempatan belajar membuat lampu hias dari kayu palet. Menurutnya, bengkel kreativitas pemuda ini sangat bermanfaat bagi pengembangan kewirausahaan.

"Kita apresiasi dengan gagasan yang dibuat Dispora Kepri. Program ini tentunya akan membantu pemuda dan pemudi untuk menjadi seorang wirausaha dan membuka lapangan pekerjaan," ujar Wili.

Editor: Dardani