Mudik Lebaran 2019, BNN Tanjungpinang Tes Urine Awak Kapal dan Maskapai
Oleh : Roland Aritonang
Jumat | 31-05-2019 | 10:28 WIB
tes-urine-sbp.jpg
BNN Kota Tanjungpinang saat melakukan tes urine kepada awak kapal di Pelabuhan SBP dalam rangka pengamanan mudik lebaran 2019, Jumat (31/5/2019). (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tanjungpinang melakukan tes urine bagi seluruh nakhoda, ABK, pilot hingga pramugari dan pramugara yang akan melayani transportasi mudik lebaran 2019.

Tes urine ini dilakukan di Bandara Raja Haji Fisabililah (RHF) Tanjungpinang dan Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang, Jumat (31/5/2019).

Pantauan di Pelabuhan SBP, seluruh kapal yang tiba maupun berangkat, baik itu nahkoda maupun crew kapal dilakukan pemeriksaan tes urine, dengan menggunakan alat Drug Abuse Test (Doa Tes).

Satu persatu nahkoda kapal baik yang tujuannya dari Batam maupun dari antar pulau dilakukan tes urine. Dengan waktu dua menit anggota BNN langsung mengetahui apakah urine mereka terindikasi positif narkoba atau negatif narkoba.

Penanggungjawab Pelaksana Tes Urine di Pelabuhan SBP dari BNN Tanjungpinang, Catur Hediyanto mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan keselamatan kepada masyarakat yang ingin mudik lebaran. Baik yang menggunakan moda transportasi laut maupun moda transportasi udara.

"Sasarannya untuk kapten dan Anak Buah Kapal (ABK). Target ada sebanyak 30 sampel," ujar Catur, yang menjabat sebagai Penyuluh BNN Tanjungpinang.

Lebih lanjut, Catur mengungkapkan, untuk penumpang moda transportasi tersebut, pihaknya juga melakukan pemantauan. Jika ada yang mencurigakan akan dilakukan tes urine oleh petugas. "Dengan begitu masyarakat bisa aman dan nyaman dalam melaksanakan mudik lebaran tahun ini," ucapnya.

Tidak hanya di pelabuhan, BNN bersama Polres Tanjungpinang dan KSOP serta intansi terkait, juga melaksanakan tes urine kepada seluruh pilot, copilot, pramugari dan pramugara. Untuk sampel juga sebanyak 30 sampel.

Jika ditemukan yang positif menggunakan narkoba, pihaknya bersama Satresnarkoba Polres Tanjungpinang akan berkoordinasi apakah akan dilakukan rehabilitasi atau ditindak secara hukum yang berlaku.

Di tempat yang sama, Ramadhan, Kapten Kapal Sabuk Nusantara 83 tujuan Letung, Pulau Laut, Tarempa, Sugi dan Kalimantan, mengatakan kegiatan ini sangat bagus dilakukan dan dirinya sangat mendukung.

"Sampai saat ini arus mudik lebaran tahun ini masih lancar-lancar saja serta tidak ada kendala," tutupnya.

Editor: Gokli