H-7 Lebaran, Belum Ada Lonjakan Penumpang di Pelabuhan SBP Tanjungpinang
Oleh : Roland Aritonang
Rabu | 29-05-2019 | 15:28 WIB
imran-ksop-tpi1.jpg
Kasi Keselamatan dan Pelayaran KSOP Tanjungpinang, Imran. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjungpinang mencatat hingga Rabu (29/5/2019) atau H-7 lebaran belum ada peningkatan arus penumpang di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang.

Berdasarkan data di pos Pelayanan KSOP Tanjungpinang, pada H-10 jumlah penumpang yang berangkat sebanyak 2.777 orang, sedangkan penumpang tiba 2.666 orang.

Pada H-9 jumlah penumpang yang tiba sebanyak 2.631 orang, sedangkan untuk yang berangkat 2.783 orang. Selanjutnya H-8 untuk jumlah penumpang yang tiba sebanyak 2.308 orang, sementara itu untuk yang berangkat 2731 orang.

Sementara itu untuk jumlah penumpang pelabuhan SBP Internasional Tanjungpianng pada H-10 yang berangkat sebanyak 993 orang sedangkan penumpang yang tiba 657 orang.

H-9 jumlah penumpang yang tiba sebanyak 460 orang, sedangkan untuk yang berangkat 720 orang. Selanjutnya H-8 untuk jumlah penumpang yang tiba sebanyak 896 orang, sementara itu untuk yang berangkat 627 orang.

Kasi Keselamatan dan Pelayaran KSOP Tanjungpinang, Imran mengatakan sampai saat ini belum terlihat adanya peningkatan arus mudik baik di pelabuhan domestik maupun pelabuhan Internasional SBP Tanjungpinang.

"Belum terlihat lonjakan penumpang secara signifikan. Paling yang kemaren saja adanya mudik gratis PT Pelindo," ujar Imran.

Ia menjelaskan diperkirakan kelonjakan penumpang pada hari, Jumat (30/5/2019), karena mengingat memang mulai besok baru libur, para pegawai yang berkerja di lingkungan pemerintahan maupun swasta.

"Ada 70 kapal yang disiapkan di pelabuhan SBP Tanjungpinang," katanya.

Imran menghimbau kepada masyarakat yang ingin mudik lebaran melalui Pelabuhan SBP Tanjungpinang dapat memebeli tiket sebelum jadwal keberangkatan. Jangan sampai nanti ketika waktunya berangkat baru membeli tiket.

"Tetapi untuk mengantisipasi kelonjakan penumpang, kami sudah berkoordinasi dengan pengusaha moda transportasi laut untuk menyediakan kapal tambahan," tutupnya.

Editor: Yudha