Siagakan Personil dan Alutsista

Basarnas Tanjungpinang Siap Amankan Mudik Lebaran 2019
Oleh : Roland Aritonang
Senin | 27-05-2019 | 15:16 WIB
apel-sar-tpi1.jpg
Apel Siaga Angkutan lebaran BNNP Kelas A Tanjungpinang. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Kelas A Tanjungpinang menggelar apel siaga Sar angkutan Idul Fitri tahun 2019/1440 H yang dimulai dari tanggal 28 Mei hingga 13 Juni 2019.

Kepala Kantor BNPP Kelas A Tanjungpinang Mu'min mengatakan pihaknya melaksanakan apel siaga khusus lebaran dalam rangka mempersiapkan personil, alutsista seperti kendaraan udara, air yang disiapsiagakan.

"Pada intinya ada beberapa titik lokasi yang menjadi perhatian, diantaranya kami berkoordinasi dengan stakeholder atau kementerian lembaga yang berada di wilayah Kepri," ujar Mu'min, Senin (27/5/2019).

Mu'min mengatakan pihaknya juga membentuk posko siaga di Pelabuhan Kijang Bintan, di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang, di Bandara Hang Nadim dan Bandara Raja Haji Fisabililah (RHF) Tanjungpinang.

Sementara itu untuk alutsista yang disiagakan diantaranya untuk di PT Pelindo Tanjungpinang di kampung Bulang Rescue Boat panjang 36 meter, KN Purworejo yang berada di wilayah barat Sekupang Batam, Hallykopter yang berada di Lanudal yang bisa digunakan sewaktu waktu untuk memantau lewat jalur udara.

"Jumlah personil beberapa titik disebar dengan catatan harus bergerak ke lapangan selama 24 jam jika ada informasi atau musibah yang masuk," paparnya.

Ia juga mengimbau kepada agen moda transportasi laut, harus memperhatikan kelayakan kapal. Juga memperhatikan dan meningkatkan kewaspadaan terhadap kondisi cuaca.

Editor: Yudha