PT Pelni Tanjungpinang Siapkan 3 Kapal untuk Mudik Lebaran
Oleh : Roland Aritonang
Selasa | 14-05-2019 | 10:28 WIB
3-kapal-lebaran.jpg
Antrean warga di Kantor Pelni Cabang Tanjungpinang untuk beli tiket mudik lebaran, Senin (13/5/2019). (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - PT Pelni Cabang Tanjungpinang menyediakan tiga kapal antar provinsi untuk mudik lebaran Idul Fitri 2019.

Kepala PT Pelni Cabang Tanjungpianng, Safrani mengatakan, pihaknya menyediakan tiga kapal untuk penumpang mudik lebaran, yang akan dimulai dari H-15 sampai H+15 atau dari tanggal 21 Mei sampai 21 Juni 2019.

"Di antaranya KM Kelud, KM Umsini dan KM Dorolonda," ujar Safrani, Senin (13/5/2019).

Sementara itu, untuk antar pulau, pihaknya menyiapkan, kapal KM Sanus 48. Namun untuk tiga kapal lainya, seperti KM Bukit Raya, KM Sanus 80 dan KM Sanus 83 masih menunggu jadwal.

"Untuk pelayanan utama untuk kenyamanan penumpang saat mudik lebaran saat ini lebih mengutamakan penjualan tiket seat, sedangkan tiket non seat sampai saat ini belum dijual," jelasnya.

Dengan menggunakan sistem sperti itu, kata Safrani, tiket cepat habis terjual. Selain itu pelayanan lainya, ada boarding tiket cs dan boarding tiket penumpang setelah itu penumpang baru bisa melaksanakan embarkasi ke kapal.

Melihat dari tahun sebelumnya, dengan menggunakan tiket seat maka 100 persen habis terjual, sehingga kebutuhan masyarakat Tanjungpinang sangat kekurangan dan selalu kehabisan, karena sistem online tiket bisa di beli orang dari daerah lain.

"Saya imbau warga Tanjungpinang agar membeli tiket lebih awal sebelum berangkat mudik lebaran. Tiket tidak habis," ucapnya.

Berdasarkan data yang ada untuk angkutan lebaran, saat ini tidak ada kapal drop, dan tidak ada kapal yang stop operasi. Pihaknya mengusahakan semua kapal jalan menjelang lebaran, baik dari Tanjungpinang maupun dari Kijang, semua kapal jalan.

"Perkiraannya tanggal 25 Mei mendatang, KM Bukit Raya," katanya.

Sementara itu, untuk tarif tiket kapal tidak ada kenaikan masih seperti biasa, begitu juga dengan bagasi gratis 40 Kg per tiket. Jika lebih akan dikenakan biaya tambah sesuai kapasitas barangnya.

Editor: Gokli