530 Personil Gabungan TNI-Polri Amankan Pleno KPU Provinsi Kepri
Oleh : Roland Aritonang
Kamis | 09-05-2019 | 11:17 WIB
pleno-provinsi.jpg
Proses pleno rekapitulasi di KPU di Hotel CK Tanjungpinang. (Romi)

BATAMTODAY. COM, Tanjungpinang - Sebanyak 530 personil gabungan diturunkan untuk melakukan pengamanan rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri pada Pemilu 2019 di Hotel CK Tanjungpinang, Kamis (9/5/2019).

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol S Erlangga mengatakan, pihaknya dari jajaran Polda Kepri sesuai dengan penjadwalan tahapan Pemilu, hari ini sudah memasuki tahapan Pleno rekapitulasi suara di KPU Provinsi Kepri.

"Perhitungan suara di tingkat KPU Provinsi Kepri dua hari, dari tanggal 9 sampai 10 Mei 2019," ujar Erlangga.

Polda selaku pihak pengamanan di dalam pelaksanaan pemilu 2019 telah menyiapkan langkah-langkah untuk pengamanan kegiatan ini mulai hari ini sampai dengan besok.

"Untuk kekuatan personil, yang dilibatkan 530 personil terdiri dari gabungan TNI dan Polri," katanya.

Ia menjelaskan, 500 personil di antaraya dari Polri dan 30 prajurit TNI dengan kekuatan 2 pleton. Pengamanan dilaksanakan mulai dari kemarin di hotel CK sampai dengan selesainya besok.

Tentunya, untuk pengaman sesuai dengan SOP. Polri telah melakukan sterilisasi termasuk memberikan pengawalan terhadap penyelenggara pemilu KPU dan Bawaslu.

"Tidak hanya sterilisasi, kita juga berikan pengaman kepada penyelenggara pemilu," katanya.

Erlangga berharap kepada seluruh masyarakat Kepri mari ikuti perkembangan hasil pemilu tentunya dengan suasana sejuk, aman, kondusif dan damai. Tentunya jika ada yang keberatan dengan hasil itu sesuaikan dengan mekanisme yang berlaku. Jadi mekanisme hukum.

"Seluruh pengunjung ada disiapkan X-ray, begitu juga ada id card untuk media kita siapkan. Sesuai dengan kita lihat kondisi kamtibmas yang ada," tutupnya.

Editor: Chandra