Polres Tanjungpinang Bentuk Tim Siluman Antisipasi Balap Liar Selama Ramadhan
Oleh : Roland Aritonang
Senin | 06-05-2019 | 12:52 WIB
Kapolres-Ucok.jpg
Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi. (Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Aksi balap liar meresahkan warga khusus di Bulan Suci Ramadhan di sekitar Basuki Rahmat Kota Tanjungpinang.

Menyikapi hal itu, Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi, membentuk Tim Siluman untuk mengantisipasi aktivitas balap liar.

"Kami akan menekan semaksimal mungkin kegiatan balap liar saat Ramadhan. Supaya umat muslim dapat menjalankan ibadah dengan khusyuk," kata Ucok, saat ditemui di Mapolres Tanjungpinang, Senin (6/5/2019).

Ucok menyebutkan, nantinya tim siluman ini juga ditugaskan mencatat nomor polisi (nopol) kendaraan yang terlibat dalam aksi balap liar. Jadi tidak hanya bertugas untuk menangkap aksi balap liar di lokasi saja.

"Jika diamankan kami akan panggil orangtua, guru, serta pemilik kendaraan. Rata-rata yang terlibat pelajar SMP dan SMA," ucapnya.

Upaya ini menurutnya, dinilai cukup efektif dalam meredam kegiatan balap liar di Tanjungpinang, khususnya di Bulan Ramadhan. Dalam mencegah balap liar, kepolisian telah mendorong organisasi otomotif seperti Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kepri, untuk menggelar iven-iven otomotif yang resmi dalam rangka menyalurkan minat dan bakat anak-anak motor di daerah tersebut.

"Sehingga bakat mereka dapat tersalurkan ke hal yang positif. Mereka memiliki kemampuan di bidang itu," ucapnya.

Menurutnya, dalam beberapa tahun terakhir ini aksi balap liar biasanya digelar di Jalan Pulau Dompak dan Jalan Basuki Rahmat, Tanjungpinang, dan sekarang sudah jauh berkurang.

Apalagi di bulan Ramadhan ini, Polri bersama TNI semakin gencar melakukan razia balap liar di Tanjungpianng dengan tujuan menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat selama puasa.

"Jika ada pengaduan atau laporan terkait balap liar serta aksi kejahatan dapat hubungi call center 110 atau web Polres Tanjungpinang," tutupnya.

Editor: Chandra