Deklarasi Damai Digelar Seluruh Elemen Masyarakat di Tanjungpinang
Oleh : Roland Aritonang
Jum\'at | 03-05-2019 | 12:28 WIB
deklarasi-pinang.jpg
Foto bersama deklrasi di Tanjnpinang. (Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Tim Pemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden tingkat kota Tanjungpinang berserta seluruh elemen penyelenggara pemilu melaksanakan deklarasi damai di Masjid Agung Al Hikmah Tanjungpinang, Jumat (3/5/2019).

Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi mengatakan, pada deklarasi pemilu damai ini, Polri mengucapkan terimakasih kepada perangkat KPU mulai dari TPS sampai ke KPU Tanjungpinang, khusunya yang telah menyelenggarakan pemilu. Selain itu, juga Bawaslu Tanjungpinang di setiap tingkatan dan mereka sudah berkerja berdasarkan dedikasi tinggi dan pengorbanan sampai saat ini situasi Tanjungpinang bisa berjalan aman dan damai serta transparan.

"Tidak hanya itu, dalam kegiatan ini juga kami ucapkan terimakasih atas dedikasi perserta pemilu baik itu dari partai politik, para caleg, saksi, dan tim sukses pemilu presiden dan wakil presiden yang sudah mewarnai kegiatan ini begitu nyaman, damai dan serta membangun demokrasi baik di kota Tanjungpinang," ujar Ucok.

Menurutnya, dengan ada kekurangan berkaitan dengan pola pengamanan, pihaknya akan memperbaikinya untuk kondisi di Tanjungpinang.

Walikota Tanjungpinang, Syahrul mengucapkan, selaku pemerintah berterimakasih atas perhatian masyarakat, terlebih khusus kepada Polri dan TNI yang telah mengamankan jalannya Pilpres dan Pileg dengan aman dan tenteram.

"Kepada petugas petugas PPK, KPPS, Linmas, yang sudah Kelelahan luar biasa saya kira mereka ini merupakan pahlawan-pahlawan yang luar biasa," katanya.

Pengorbanan mereka tidak bisa terggantikan dengan uang. Pengorbanan mereka siang malam sampai Kelelahan, ini mereka berkerja dengan Iklas. Dirinya yakin setelah dikumpulkan data di Tanjungpinang persentase partisipasi akan meningkat. Kita melihat dari kedatangan target yang disarankan KPU pusat.

"Saat ini paling tidak sudah mendekati 80 persen. Dibandingkan dengan tahun-tahun lalu ini artinya demokrasi sudah mulai berkembang," ucap Syahrul.

Di tempat yang sama, Ketua KPU Tanjungpinang Aswin Nasution, menyebutkan, penandatangan deklarasi damai nantinya dilanjutkan pada keesokan hari, sebelum rekapitulasi tingkat Kota Tanjungpinang dimulai, Sabtu (4/5/2019).

"Kita lanjutkan besok sebelum Rekap tingkat kota di hotel CK," katanya.

Aswin menyampaikan, tim pemenangan dari TKN tidak dapat hadir karena ketua timnya berada di luar kota. Namun KPU sejatinya sudah menghubungi mereka, dan akan mengirimkan tim. Namun karena ada kendala-kendala lain dan kegiatan lain tidak dapat hadir.

"Seperti karena di timur masih rekapitulasi sehingga mereka masih sibuk dengan itu. Jadi kita lanjutkan besok," sebutnya.

Sementara itu secara keseluruhan masih melakukan rekapitulasi di PPK Tanjungpinang Timur, sehingga mereka saat ini masih membereskan administrasinya saja. Tingkat pemilih belum dikalkulasi tetapi target nasional tercapai.

Editor: Chandra