Antisipasi Lonjakan Penumpang Mudik Lebaran, Pelni Tambah Tiga Armada Pelayaran Wilayah Kepri
Oleh : Ismail
Rabu | 01-05-2019 | 16:16 WIB
km-kelud11.jpg
KM Kelud. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Persero menyiapkan tiga kapal perintis serta penambahan rute keberangkatan untuk wilayah Provinsi Kepri.

Kepala Kesekretariatan PT Pelni Persero Yahya Kuncoro mengatakan, penambahan kapal dan rute tersebut untuk mengatasi lonjakan penumpang pada arus mudik menjelang perayaan hari raya idul fitri 1420 hijriah.

"Kapal kita mencukupi, ada tiga kapal perintis (yang tersedia). KM Kelud Batam-Belawan juga bertambah frekensinya," ujarnya, Rabu (1/5/2019).

Ia menambahkan, KM Bukit Raya salah satu kapal milik PT Pelni yang melayani rute pelayaran di wilayah Kepri saat ini masih belum bisa beroperasi. Hal itu dikarenakan, kapal yang melayani rute Tanjung Priok, Belinyu, Kijang, Letung, Tarempa, Natuna, Midai, Serasan, Pontianak, Tanjung Perak itu masih dalam kondisi perbaikan.

"Untuk KM Bukit Raya saat ini (memang) masih perbaikan di Tanjung Priok, Jakarta. (Kita) Masih menunggu sparepart yang belum tiba karena harus pesan ke pabriknya di luar negeri," jelasnya.

Kendati demkian, pihaknya tetap berkomitmen agar kapal tersebut sudah dapat beroperasi sebelum memasuki musim angkutan lebaran 2019.

"Kepada penumpang KM. Bukit Raya kami mohon maaf (atas ketidaknyamanan) kapal harus perbaikan untuk menjamin kehandalan dan keselamatan kapal," sebutnya.

Editor: Yudha