Wali Kota Mendadak Dinas Luar

Pelantikan Eselon II dan III di Pemko Tanjungpinang Batal Digelar
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 29-04-2019 | 15:28 WIB
tengku-dahlan-tpi1.jpg
Kepala Badan Kepegawaian dan pengembangan Sumber Daya manusia (BKPSDM) Kota Tanjungpinang Tengku Dahlan. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pelantikan sejumlah pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemko Tanjungpinang yang dijadwalkan hari ini, Senin (29/4/2019) mendadak batal. Pasalnya Wali Kota Tanjungpinang H. Syahrul ada kegiatan dinas luar.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) kota Tanjungpinang Tengku Dahlan mengatakan, sedianya pelantikan diagendakan pada hari ini. Tetapi karena pada Minggu,(28/4/2019) kemarin usai menghadiri acara Porprov Korpri, Wali Kota mendadak ada keperluan dinas luar hingga pelantikanya belum dapat dilaksanakan.

"Sebelumnya pelantikan direncanakan hari ini, Tetapi karena ada hal mendesak, wali kota mendadak berangkat dinas luar hingga saat ini belum balek," ujar Tengu Dahlan.

Tengku juga mengatakan, sesuai dengan keinginan wali kota, pelaksanaan pelantikan eselon II dan eselon III direncanakan akan dilaksanakan secara bersamaan. Wali kota dengan tim Baperjakat Pemko Tanjungpinang juga dikatakan Tengku telah melakukan pembahasan nama-nama pejabat eselon III dan IV sesuai dengan kapabilitas dan job kerjanya.

Namun pembahasan terhadap nama-nama tersebut, dikatakan Tengku, juga belum selesai dan masih akan diputusakan oleh Wali kota.

Sedangkan untuk Pejabat eselon II, Tengu mengaku tidak mengetahui, karena yang memutuskan adalah Tim pansel sesuai dengan seleksi Openbidding yang telah dilaksanakan. Dan saat ini sejumlah nama-nama yang sebelumnya diseleksi tersebut, sudah diserahkan tim pansel dan rekomendasi komisi ASN. Nama-nama sejumlah pejabat yang lolos dalam seleksi open bidding juga sudah keluar.

"Untuk pejabat eselon II, saya tidak tahu, karena hal tersebut antara tim pansel dan wali kota sebagai Pejabat Pembina kepegawaian (PPK) lah," ujarnya.

Namun dalam seleksi openbidding yang telah dilaksanakan, sebut Tengku terdapat 22 peserta yang mengikuti untuk 7 jabatan OPD yang saat ini kosong di Pemko Tanjungpinang. Masing-masing OPD terdapat 3 peserta, hingga jumlahnya sekitar 21 ditambah 1 orang calon Sekdako Pemko Tanjungpinang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 12 orang yang dinyatakan layak sebagai kepala dinas, juga telah diserahkan dan direkonedasikan KASN, untuk dipilih dan dan dilantik wali kota.

"Tetapi siapa orangnya, merupakan hak prerogatif dari wali kota selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK)," ujarnya.

Editor: Yudha