PKK dan GOW Beri Motivasi pada Tahanan Wanita Rutan Tanjungpinang
Oleh : Roland Aritonang
Selasa | 23-04-2019 | 12:04 WIB
warga-binaan1.jpg
Pemberian motivasi terhadap warga binaan perempuan Rutan Tanjungpinang. (Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Tanjungpinang beri motivasi kepada tahanan wanita Rutan Kelas I Tanjungpinang. Hal ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kartini, Selasa (23/4/2019).

Sebelum memulai kegiatan ini, ibu-ibu PKK Tanjungpinang juga bangga dengan penampilan merawis dari WBP wanita Rutan Kelas I Tanjungpinang. Sehingga, nyanyian yang dilantunkan mereka diulang kembali pada saat acara telah selesai.

Ketua PKK dan GOW Kota Tanjungpinang, Juwariyah mengatakan, pada hari ini pihaknya bersama-sama bersilahturahmi dan melihat bagaimana warga binaan pemasyarakatan (WBP), yang ada di Rutan ini dan memberikan motivasi khususnya untuk para wanita di hari kartini ini.

"Insyaallah kami akan juga membuat pelatihan untuk membuat kerajinan disini. Supaya mereka memiliki kegiatan didalam ini," ujar Juwariyah.

Sementara itu, Ia menyebutkan sebelum membuat pelatihan, PKK akan mendata dan mengutus anggota untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu, sehingga mengetahui keperluan mereka apa dan keahlian tahanan wanita yang ada disini.

"Nanti kita lihat dulu apa kemampuan mereka disini dan apa yang bisa kami bina," katanya.

Ia mengharapkan, dengan adanya kegiatan pelatihan nantinya semoga keluar dari Rutan mereka bisa lebih baik. Selain itu, mudah-mudahan kaum ibu dan perempuan yang ada di Tanjungpinang, dirinya yakin dan percaya tangguh dan hebat lebih hebat lagi terutama dalam mengurus rumah tangga.

"Mereka bukanlah orang yang harus dikucilkan dan dhindari, tetapi mereka harus kita rangkul. Apabila pada saat kembali ke masyatakat agar bisa melakukan hal yang positif," harapnya.

Di tempat yang sama, Plh Kasi Pengelolaan, Dodo Fudoli mengatakan, dirinya menyampaikan salam dari Karutan bahwa sangat mengapresiasi kegiatan ini. Selain itu, beliau menyampaikan salam hormat, karena pada saat ini tidak dapat hadir.

"Semoga di hari berikutnya akan ada kegiatan yang sifatnya mendidik dan memberikan motivasi kepada WBP. Total WBP 426 orang, di antaranya wanita total 37, antara lain 35 orang dewasa, dan 2 anak-anak," katanya.

Menurutnya, pihaknya di Rutan memiliki tugas dan fungsi untuk merawat tetapi akhirnya stakeholder dari ibu-ibu PKK dapat membimbing warga binaan. Karena mereka disini adalah anak ibu-ibu PKK yang ada di Tanjungpinang ini.

Editor: Chandra