BMKG Prakirakan Pulau Bintan Diguyur Hujan Hingga Akhir Pekan
Oleh : Redaksi
Selasa | 09-04-2019 | 10:04 WIB
hujan-9-14.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang memprediksi hujan akan mengguyur Pulau Bintan dan sekitarnya dalam sepekan terakhir.

"Cuaca hari ini cukup cerah dan berawan. Namun esok hari akan terjadi hujan ringansampai sedang pada pagi hari dan siang," ungkap Prakirawan BMKG Tanjungpinang, Khalid Fikri, Senin (8/4/2019), seperti dikutip situs resmi Diskominfo Kepri.

Ia menjelaskan, hujan dengan skala ringan hingga sedang diperkirakan akan terjadi pada 10 - 14 April 2019 mendatang. Hujan umumnya akan berlangsung pagi dan siang hari.

Dalam kesempatan ini, Khalid mengimbau warga, khususnya yang beraktivitas di laut untuk mewaspadai awan cumulonimbus atau awan berwarna hitam pekat yang dimungkinkan akan berlangsung pada pagi hingga siang hari.

"Awan ini yang menyebabkan terjadinya hujan disertai angin kencang dan petir," imbuhnya.

Fikri juga menjelaskan, hujan yang dimungkinkan terjadi pada sepekan ke depan salah satunya disebabkan terdapat pola siklonik di Perairan Selatan Jawa dan Nusa Tenggara. Hal inilah yang dirediksi dapat menjadi pemicu pertumbuhan awan-awan konvektif penghasil hujan di wilayah Pulau Bintan.

Editor: Gokli