Sekda Kepri Ajak FKUB Sukseskan Pemilu 2019
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 09-04-2019 | 09:28 WIB
fkub-kepri.jpg
Pertemuan Forum Kerukunan Umat Beragma (FKUB) se-Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2019 di Hotel Pelangi Tanjungpinang, Senin (08/04/2019). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau, H TS Arif Fadillah mengajak seluruh umat dari berbagai lintas agama, untuk bersama-sama menjaga kondusivitas daerah dan menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019.

Arif mengatakan, rasa aman, nyaman, damai dan tenteram menjadi kunci menuju suksesnya pemilihan umum (Pemilu) Pileg maupun Pilpres 2019.

"FKUB punya kewajiban mengajak, menyerukan umat agar menjaga kerukunan antar umat dan menciptakan kondusivitas daerah. Karena menjelang pemilu, tentu nilai kerukunan dan kondusivitas daerah menjadi kunci kesuksesan pemilu berjalan aman, nyaman, damai dan tentram," kata Arif saat membuka acara Pertemuan Forum Kerukunan Umat Beragma (FKUB) se-Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2019 di Hotel Pelangi Tanjungpinang, Senin (08/04/2019).

Dengan tema acara 'Peran Forum Kerukunan Umat Beragama dalam Rangka Menjaga Keharmonisan Bangsa dan Mendukung Suksesnya Pelaksanaan Pemilu Serentak' maka Arif mengajak FKUB sebagai wadah lintas agama memiliki peran sejak dini untuk berpartisipasi mewujudkan pesta demokrasi yang sukses dan terhindar konflik yang mengatasnamakan agama.

"Agama sangat rentan ditarik untuk kepentingan tertentu selama tahun politik. Hal ini didukung kemajuan teknologi informasi yang tak bisa dibendung, khususnya media sosial, oleh karena itu dibtuhkan peran FKUB dalam menetralkan masalah ini di masyarakat," jelas Arif.

Arif berharap berharap kegiatan ini bisa memberikan pencerahan kepada para tokoh pemuka agama, pemuda, ormas dan tokoh masyarakat untuk sama-sama menyerukan tidak golput dan mengajak masyarakat menjaga kondusivitas daerah, sehingga Pemilu berjalan netral, aman dan damai.

"Pesta demokrasi baik Pilkada, Pilgub, Pilpres, Pileg adalah hal biasa dan harus disikapi dengan cara-cara yang bijak. Perlu ditumbuhkan kesadaran di masyarakat bahwa dalam pemilihan ada yang menang dan kalah. Ayo kita ajak keluarga dan masyarakat di sekitar kita untuk ikut memilih pada Pemilu kali ini, karena pilihan kita menentukan masa depan bangsa," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kepri, Lamidi mengatakan, pertemuan ini dilaksanakan dalam rangka merekatkan koordinasi antara FKUB Provinsi dengan FKUB Kabupaten/Kota agar terjadi interaksi dan komunikasi yang harmonis dalam perumusan kerangka kerja yang penting pada 2020, dan bekerjasama dalam agenda 2019.

Selain agenda tersebut, tentunya pada kesempatan ini, Lamidi mengatakan, para peserta akan diberikan pembekalan dan materi dari para narasumber tentang pentingnya peran dari FKUB dalam mengawal dan mensukseskan Pemilu yang akan berlangsung sebentar lagi.

"Kegiatan ini diikuti selain oleh FKUB Provinsi dan Kabupaten/Kota, juga diikuti oleh Forum Pemabauran Kebangsaan, Forum Kewaspadaan Dini, LAM dan beberapa tokoh masyarakat. Kita berharap semua elemen ini nantinya iktu berperan dalam menciptakan Pemilu yang lancar, umum, bebas, rahasia serta aman, tertib dan suskes sebagaimana diharapkan," ujarnya.

Editor: Gokli