Suksekan Pemilu, Hari Sabtu dan Minggu Disdukcapil Tanjungpinang Buka Layanan E-KTP
Oleh : Roland Aritonang
Kamis | 04-04-2019 | 16:04 WIB
kadisduk-tpi1.jpg
Kepala Disdukcapil Tanjungpinang, Irianto. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tanjungpinang membuka pelayanan perekaman E-KTP kepada seluruh masyarakat pada hari Sabtu dan Minggu. Hal ini dilakukan untuk menyukseskan Pemilu 2019.

Kepala Disdukcapil Tanjungpinang, Irianto mengatakan dalam rangka menyukseskan Pemilu 2019, Menteri Dalam Negeri melalui Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil mengintruksikan kepada semua kepala Dinas Provinsi dan Kabupaten di Indonesia untuk tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat selama libur nasional terutama pada hari Sabtu dan Minggu.

"Ini dilakukan dalam rangka mempercepat proses perekaman dan pencetakan E-KTP. Ditambah lagi keputusan dari Mahkamah Konstitusi beberapa hari lalu, bahwa Dirjen untuk memerintahkan agar menerbitkan Surat Keterangan (Suket) telah melakukan perekaman E-KTP," kata Irianto, Kamis (4/3/2019).

Menurutnya, sebanyak 1.028 warga Tanjungpinang yang memiliki duplikat rekord dan niknya lebih dari satu. Hal ini jika tidak di sisir satu persatu maka masyarakat tidak bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu yang tanggal 17 April 2019.

"Sejak putusan MK, sebanyak 15 lembar Suket sudah kami keluarkan," katanya.

Pelayanan pada saat libur nasional ini nantinya dibuka mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB. Pegawai akan berkerja hingga tuntas, agar masyarakat memiliki hak pilih nantinya. Adapun yang bisa mengurus diantaranya yang bersangkutan punya dua nik lebih dari satu maka akan dikeluarkan Suket.

"Masyarakat yang Nik nya double bisa dilihat dan datang ke Disduk untuk mendapatkan suket. Kemudian gambar yang tertukar, nama dan tanda tangan itu bisa menggunakan Suket pada saat pemilu," katanya.

Manurutnya karena ini merupakan kepentingan negara, sehingga pihaknya harus membantu dengan Iklas.
Jangan sampai pada saat pencoblosan barus membuat Suket. Sampai saat ini suket yang telah diterbitkan sebanyak 15 suket.

"Target jumlah perekaman 100 persen harus tercapai. Yang belum melakukan rekan sebanyak 500 sampai 600 yang belum terekam," ucapnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat Tanjungpinang untuk datang mengurus E-KTP, karena pihaknya sampai saat ini telah menyediakan 7 ribu stok. Tidak usah repot-repot menunggu karena sepuluh menit siap.

Editor: Yudha