Pemko Tanjungpinang Gelar Tabligh Akbar Peringati Isra' Mi'raj
Oleh : Roland Aritonang
Kamis | 04-04-2019 | 12:30 WIB
tablig-akbar.jpg
Kegiatan tabligh akbar peringati Isra' dan Mi'raj di Pemko Tanjungpinang. (Foto: Roland).

BATAMTODAY. COM, Tanjungpinang - Dalam rangka memperingati Isra’ Mi’raj tahun ini, Pemerintah Kota Tanjungpinang menggelar Tabligh Akbar yang digelar di Masjid As Sakinah, Rabu (3/4/2019).

Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul, dalam sambutannya menyampaikan, peringatan Isra' Mi'raj ini merupakan kegiatan yang rutin kita ikuti setiap tahunnya. Dalam kegiatan ini menghadirkan penceramah Dr Drs Mukhlisuddin, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

"Isra' Mi'raj ini kita laksanakan agar ada progres dalam kualitas ibadah. Selain kegiatan rutin tahunan, rasanya sangat perlu adanya perubahan dalam sikap dan tingkah laku, terutama dalam kualitas ibadah," ujar Syahrul, dalam rillis yang dikirim Humas Pemko Tanjungpinang, Kamis (4/3/2019).

Syahrul juga menjelaskan, peringatan Isra’ Mi’raj juga ingin mengingatkan umat Islam tentang urgensi menegakkan shalat lima waktu sebagai tiang agama.

"Peringatan ini merupakan salah satu momentum untuk mengingat kembali pentingnya shalat lima waktu dan mengulang kembali sejarah perjalanan Nabi Muhammad SAW dalam menerima perintah shalat dengan segala kebesaran Allah SWT," jelasnya.

Mukhlisuddin menyampaikan dalam tausyiahnya, mendirikan shalat adalah hal yang tidak terpisahkan dari diri kita ibarat urat nadi yang terus berdenyut.

“Amal yang pertama dihisab adalah shalat, bila shalatnya diterima, maka amal lainnya akan diterima, karena itu kami mengajak untuk mendirikan shalat lima waktu, ibaratnya urat nadi yang terus berdenyut, sehingga tak dapat dipisahkan,” paparnya.

Kemudian dilanjutkan Mukhlis, ia berharap acara peringatan Isra’ dan Mi’raj ini bisa menjadi wahana silaturrahim dan momentum mengingat kembali pentingnya ibadah shalat.

“Silaturrahim akan merekatkan rasa persaudaraan dan solidaritas antar umat Islam, mari momentum Isra’ Mi’raj ini kita rayakan untuk menggalang kebersamaan sesama agar terbangun suasana yang harmonis, aman dan saling peduli. Mari menjaga kualitas ibadah kita dengan melaksanakan sholat lima waktu dan memakmurkan masjid," tutupnya.

Tabligh Akbar ini juga dihadiri Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Riono, Kepala Kementerian Agama Kota Tanjungpinang, Ketua FKM Kota Tanjungpinang, Ketua LAM Kota Tanjungpinang, FKPD, pimpinan OPD, ASN dan Honorer Kota Tanjungpinang serta masyarakat.

Editor: Chandra