Warga Bersyukur Hujan Turun, BMKG Ingatkan Waspada Petir dan Angin Kencang
Oleh : Charles Sitompul
Sabtu | 30-03-2019 | 11:42 WIB
hujan2.jpg
Ilustrasi. (Foto: Ist).

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Setelah dilanda kekeringan karena kemarau panjang, akhirnya sejumlah wilayah di Kota Tanjungpinang dan Bintan diguyur hujan dalam dua hari terakhir, Jumat dan Sabtu, (29,30/3/2019).

Turunnya hujan tersebut, masyarakat mengucapkan syukur. Seperti yang diungkapkan Astartaz, warga Tanjungpinang Timur. Ia mengucapkan alhamdulillah di km 12 pada pagi ini hujan cukup deras. Hal yang sama juga dikatakan M Yanin, warga lainnya.

"Alhmadulillah ya Allah, hujan turun di Tanjungpinang," ujarnya Yamin.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kota Tanjungpinang mengatakan, hujan yang turun dengan intensitas sedang dan lebat serta disertai angin kencang dan petir, pada Sabtu ini mulai turun pukul 05.30 WIB di wilayah Kota Batam dan sekitarnya, serta daerah Lingga dan sebagian kabupaten Bintan.

Parakirawan BMKG Dhira Utama menyebut, kondisi cuaca di Tanjungpinang dan Bintan, hujan sedang dan ringan dan sesekali lebat yang disertai dengan petir.

"Hujan diperkirakan akan turun pagi dengan tidak merata di sejumlah wilayah di Bintan dan Tanjungpinang," ujar Dhira.

Menjelang siang, cuaca juka diperkirakan akan terjadi hujan lokal dan pada malam hari berawan, dengan suhu antara 24-32 derajat celcius dan kelembapan 65-95 persen.

Angin akan bertiup dari utara ke timur dengan kecepatan 05-25 kilometer perjam, serta tinggi Gelombang natra 02-08 meter di wilayah perairan Tanjungpinang, Batam, Tanjungbalai Karimun, Bintan dan Kabupaten Lingga.

"Sedangkan di perairan Natuna dan Anambas ketinggian gelombang antara 0,2-1 meter," sebutnya.

Kepada warga, BMKG juga mengingatkan agar mewaspadai hujan lebat disertai petir dan angin kencang di sejumlah wilayah Provinsi Kepri, bila ditemukan awan comulonimbus atau awan berwarna hitam pekat pada pagi hingga siang hari.

Editor: Chandra