Penataan Rumput Hampir Rampung

Pemprov Kepri Terus Gesa Pembangunan Stadion Dompak
Oleh : Ismail
Kamis | 28-03-2019 | 12:28 WIB
lapangan-dompak.jpg
Proses penataan rumput di Stadion Dompak. (Foto: Ismail).

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pembangunan Stadion Dompak oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) terus dilanjutkan. Tampak saat ini para pekerja, sedang merapikan bagian rumput lapangan. Meski sudah tampak tumbuh subur dan hijau, namun proses pengerjaan rumput tak selesai sampai di situ saja.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Kepri Mafrizon menjelaskan, proses saat ini khusus untuk penataan rumput masuk ke dalam tahap top dress, yakni pengerjaan menambal beberapa permukaan lapangan yang belum rata.

Nah, untuk mendatarkan lapangan secara total dengan menggunakan pasir. "Pasir yang digunakan khusus untuk lapangan," katanya saat meninjau pembangunan stadion tersebut, Rabu (28/3/2019).

Proses top dress tersebut membutuhkan waktu satu minggu hingga sepuluh hari. Lalu, proses berlanjut pada perawatan maksimal rumput agar bisa digunakan.

Dalam perawatan itu juga nanti, rumput lapangan akan dibuatkan pola atau motif warna layaknya stadion internasional lainnya.

"Jadi motif itu ada yang pola sarung, catur, blang-blang, biasanya orang banyak pakai motif sarung dan catur," kata dia.

Maifrizon menambahkan, proses penataan rumput dan lapangan memang hampir selesai, namun untuk stadion dan fasilitas lainnya akan dibangun akhir Mei mendatang.

Sesuai dengan perencanaan, stadion internasolan Dompak ini tidak hanya menjadi fasilitas olahraga tetapi juga akan dibangun kantor Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Kepri. Selain itu lanjutnya, di bagian bawah stadion juga akan dibuat ruangan khusus menjual marchendaise olahraga.

"Jadi kantor kita juga disana nanti," kata dia.

Sebagaimana diketahui, pembangunan stadion dompak ini dikerjakana secara bertahap dengan dianggarakan setiap tahun. Pada 2018 lalu, Pemprov Kepri sudah menggelontorkan anggaran senilai Rp 19 miliar untuk pembangunan lapangan dan fasilitas lainnya.

Untuk tahun 2019, Pemprov Kepri kembali mengalokasikan anggaran sebesar Rp 27,5 miliar untuk pembangunan tribun penonton sisi barat dengan ketinggian tiga lantai, lengkap dengan ruang ganti pemain. Adapun kapasitasnya mampu menampung 6 ribu penonton.

Editor: Chandra