Puluhan Hektar Lahan di Dompak Ludes Dilalap Si Jago Merah
Oleh : Roland Aritonang
Senin | 25-03-2019 | 15:52 WIB
kebakaran-lahan-tpi111.jpg
Kebakaran lahan di kawasan Dompak Tanjungpinang. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Puluhan hektar lahan warga RT 02 RW 02, Jalan Kelam Pagi Kelurahan Dompak Kecamatan Bukit Bestari Tanjungpinang ludes dilalap si jago merah, Senin (15/3/2019) pukul 12.00 WIB.

Api cepat merambat hingga nyaris ke perumahan warga. Namun sekitar dua jam belum ada mobil pemadam kebakaran yang tiba di lokasi. Sehingga api terus menjalar hingga menghabiskan tumbuhan dan pepohonan yang terdapat di lahan warga tersebut.

"Api ini berasal dari lahan Pak Agus yang mengakibatkan tanaman sayuran serta pipa air kebunnya ikut terbakar," kata Sersan I Hari, Babhinsa Kodim 0315 Bintan wilayah Dompak saat di temui di TKP.

Hari mengungkapkan saat ini luas lahan warga yang terbakar kurang lebih sekitar 20 hektare. Ia juga menggedor satu per satu rumah warga untuk mengantisipasi api merambat sampai ke rumah warga.

"Saya takut api merambat ke rumah warga. Jadi saya langsung gedorin satu per satu rumah warga," ucapnya.

Sementara Agus pemilik lahan yang terbakar merasa mengalami kerugian hingga puluhan juta. Lahan terbakar ini selain lahan miliknya, ada seluas 20 hektare.

"Api itu berasal dari lahan sebelah dan langsung melihat habis lahan saya. Akibatnya saya langsung melapor ke Babhinsa setempat," katanya.

Editor: Yudha