TNI-Polri dan Masyarakat Tanjungpinang Gelar Shalat Istisqo
Oleh : Roland Aritonang
Senin | 25-03-2019 | 10:52 WIB
Shalat-Istisqa-tpi.jpg
Doa meminta hujan di Mapolres Tanjungpinang. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Polres Tanjungpinang melaksanakan shalat istisqo bersama TNI dan masyarakat di Lapangan Mapolres Tanjungpinang, Senin (25/3/2019). Doa bersama ini sengaja dilakukan untuk meminta hujan turun di tengah kemarau berkepanjangan.

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi mengatakan, hari ini TNI-Polri serta masyarakat melaksanakan shalat istisqo untuk meminta kemurahan Tuhan mendatangkan hujan. Jika ada kekurangan atau dosa-dosa yang dilakukan oleh jajaran Polres Tanjungpiang dan masyarakat Kota Tanjungpinang, ini bisa dibersihkan.

"Dengan doa ini niat dan permohonan kami bisa diwujudkan. Terkait dengan tidak turunnya hujan di Tanjungpinang yang saat ini sedang dinantikan," ujar Ucok.

Di samping itu juga, disampaikan permohonan bahwa supaya Pemilu 2019 bisa berjalan aman, damai dan sejuk. Sebagaimana acara Pemilu damai yang dilaksanakan di Pamedan berjalan dengan damai.

Di tempat yang sama, dalam khotbahnya Ustadz Amirul Hamzah menyampaikan beberapa penyebab bencana, termasuk kekeringan. Seperti semakin maraknya perbuatan zolim terhadap lingkungan seperti ilegal loging, dan membuang sampah sembarangan.

"Suatu musibah disebabkan tangan-tabgan manusia itu sendiri," ujarnya.

Sebagaimana tertulis dalam ayat Al Quran, kerusakan disebabkan perbuatan manusia, maka Allah menghendaki balasan atas sebagian akibat dari ulah-ulah manusia.

Ia menyampaikan beberapa penyebab yang bisa mengundang bencana, seperti kekeringan, penyakit dan lesunya ekonomi.

Mengutip hadis Rasulullah SAW, ada 5 perkara menyebabkan bencana. Yakni zina di tengah masyarakat, mengurangi takaran atau curang dalam bisnis, menahan zakat, melanggar janji Allah dan Rasulnya, serta pemimpin yang tidak berpedoman kepada kitab Allah.

Editor: Gokli